Data Penerima PBI JKN KIS di Sumatera Selatan Fluktuatif

Data Penerima PBI JKN KIS di Sumatera Selatan Fluktuatif

Kartu JKN-KIS. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), telah membuka pendaftaran untuk calon Penerima Bantuan Iuran (PBI) Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Tiap kabupaten/kota memiliki kuota tertentu. Untuk Kota Palembang kuota penerima PBI yakni 2 orang per bulan Januari 2023.

Hal itu dikarenakan sisa kuota atas capaian tahun 2022 dan telah ditetapkan kuota per bulan dari Kemensos. Sepanjang tahun 2022, sebanyak 650.249 warga Palembang telah menerima PBI.

"Jadi setiap bulan kita mempunyai kuota yang berbeda, telah ditetapkan dari Kemensos. Data tiap bulan itu tidak sama," kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Palembang, Azhari Romli di Kantor Dinsos Palembang, Jumat 13 Januari 2023.

Azhari Romli menjelaskan, kuota PBI bulan Januari 2023 hanya dua orang dikarenakan jumlah masyarakat yang telah menerima PBI  telah banyak pada tahun 2022, yakni 650.249 jiwa.

BACA JUGA:Kartu KIS BPJS Aktif, tapi Tidak Masuk DTKS tahun 2023?, Ini Solusinya!

"Tahun 2022 itu antusias sekali capaiannya hingga 650.249 per tahun. Satu bulan saja saat itu ada yang mencapai sekitar 76.000 jiwa, pada masa Kepala Dinsos Palembang kepemimpinan M Ichsanul Akmal ini," jelasnya.

Lanjut Azhari Romli, tiap bulan tidak sama jumlah penerima kuota, dikarenakan juga menyesuaikan dana dari Kemensos RI.

"Jadi saat tahun 2022 lalu data per bulan PBI 76.000 jiwa, kemudian turun menjadi 74.000, lalu 26.000 dan seterusnya, hingga saat ini hanya 2, ini menunjukkan capaian yang baik, sudah banyak warga yang dapat," ucapnya.

Kendati demikian, Azhari Romli menyebutkan PBI yang bisa dimasukan ke Dinas Sosial berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau data masyarakat miskin.

"Jadi harus masuk dulu disitu dari DTKS datanya baru bisa ke PBI. Jika udah masuk otomatis akan diambil oleh Kementerian. Dinsos Palembang terus merekap DTKS ini yang kemudian ditandatangani Wali Kota," tuturnya.

BACA JUGA:Walah, Kecuali Sakit Ini Kartu KIS tidak Tanggung Biayanya, 122 Jenis Tetap Gratis

Aplikasi yang digunakan untuk pendaftaran penerima bantuan JKN-KIS yakni Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial-Next Generation atau SIKS-NG milik Kemensos RI.

"Memang masa pengusulan untuk calon penerima bantuan JKN-KIS, selalu dibuka Kemensos RI pada pertengahan bulan setiap bulannya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: