Susah Tidur di Malam Hari? Bisa Diatasi Coba Teknik Pernapasan 4-7-8

Susah Tidur di Malam Hari? Bisa Diatasi Coba Teknik Pernapasan 4-7-8

ilustrasi.-Foto: dok/sumeks.co-

SUMEKS.CO - Tidur di malam hari merupakan waktu yang sangat ideal bagi kesehatan tubuh seseorang. Guna menjaga kebugaran tubuh sepanjang hari, minimal kita wajib tidur saat malam hari 7 hingga 8 jalam per malam.

Tidur yang berantakan dapat mengakibatkan menurunnya produktivitas, fungsi otak dan juga dapat meningkatkan risiko penyakit pada orang dewasa dan anak-anak.

Namun bagi sebagian orang, ada yang menemui kendala susah tidur saat malam hari. Dengan berbagai alasan, namun yang paling sering terjadi susah tidur karena fungsi otak yang tidak tenang ketika hendak tidur.

Penyebab susah tidur bisa terjadi karena stres dan alasan lainnya. Pengaruh obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan kesulitan tidur pada malam hari. Anda mungkin pernah mengalami susah tidur padahal badan lelah setelah beraktivitas seharian.

BACA JUGA:Darurat Medis Jawa Barat, Untung Dinkes Palembang Setop Peredaran Ciki Ngebul, Nitrogen Cair Terminum Bahaya

Susah tidur pada malam hari yang terjadi terus-menerus dan tidak ditangani akan berdampak buruk pada kesehatan. Ketika Anda mengalami susah tidur, penting untuk mengetahui apa penyebab susah tidur tersebut agar dapat mengatasinya dengan tepat. 

Bagi anda yang mengalami susah tidur di malam hari, ada baiknya mencoba cara ini. Teknik pernapasan 4-7-8 diciptakan oleh profesor fakultas kedokteran di University of Arizona, dr Andrew Weil.

Dr Andrew Weil terinspirasi oleh teknik yoga yang disebut Pranayama. Pranayama sendiri adalah teknik mengontrol pernapasan dalam yoga yang sudah dilakukan sejak lama.

Teknik pernapasan 4-7-8 ini sangatlah sederhana dan tidak memakan waktu. Menurut dr Weill, teknik ini dapat membantu orang mengantuk, bahkan tertidur dalam waktu kurang lebih 60 detik. 

BACA JUGA:7 Sambal Khas Nusantara yang Selalu Hadir di Meja Makan

Berikut langkah untuk melakukan teknik pernapasan 4-7-8: 

-Keluarkan nafas seperti hendak mengosongkan udara dari dalam paru-paru

-Tarik napas perlahan melalui hidung selama 4 detik

-Tahan napas selama 7 detik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: