Peserta Tes Tertulis Seleksi PPS OKI Tidak Hadir Tanpa Keterangan atau Terlambat, Auto Gugur

Peserta Tes Tertulis Seleksi PPS OKI Tidak Hadir Tanpa Keterangan atau Terlambat, Auto Gugur

Peserta PPS mengikuti tes CAT di SMK Negeri 1 Kayuagung, Kamis 12 Januari 2023.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Peserta seleksi Panitia Pemilihan Suara (PPS) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang tidak hadir tanpa keterangan saat pelaksanaan tes tertulis, akan langsung didiskualifikasi alias auto gugur. Hal ini diungkapkan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKI, Deri Siswadi, saat dibincangi SUMEKS.CO, Kamis 12 Januari 2023.

Menurut Deri, bagi peserta yang tanpa sekali keterangan tidak hadir mengikuti tes tanpa ada tolerir sehingga dianggap tidak lulus. Tetapi dengan catatan apabila tidak bisa hadir saat jadwal tes namun ada keterangan alasan, maka bisa diberikan jadwal hari lainnya. 

"Dari kita tidak ada tolerir bagi peserta yang tidak hadir tanpa keterangan, jadi didiskualifikasi. Seperti di Kecamatan Air Sugihan tidak hadir tanpa pemberitahuan jadi kita diskualifikasi," terang Deri. 

Lanjutnya, begitu juga peserta yang hadir terlambat tanpa alasan yang detil juga didiskualifikasi. Saat ini belum direkap semuanya jumlah peserta yang didiskualifikasi,  karena tes masih berlangsung satu hari lagi. 

BACA JUGA:Segera Daftar PKH atau Kartu Prakerja, Pelaku UMKM Berpeluang Dapat Dana Bansos Hingga Rp3.000.000

"Seperti ada 1 peserta di Kecamatan Lempuing Jaya tidak hadir saat tes tetapi karena sakit dan ada surat keterangan resminya, maka jadwalnya diganti hari lain," jelasnya. 

Dijelaskan Deri, tes tertulis CAT ini dimulai Senin 9 Januari hingga Jumat 13 Januari 2023. Adapun jumlah pendaftar PPS yang lolos administrasi di Kabupaten OKI cukup yakni 3.115 pedaftar, jumlah inilah yang mengikuti tes. 

"Untuk tes tertulis telah dimulai Senin 9 Januari 2023 kemarin hingga Jumat 13 Januari 2023. Lokasinya di 4 sekolah SMA dan SMK," ujar Deri. 

Diterangkan, karena jumlah peserta tes tertulis ini cukup banyak sehingga tes nya dibagi 4 sesi mulai. Jadi mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Untuk lokasi tes ada 2 sekolah di Kayuagung dan 2 sekolah lagi di Kecamatan Lempuing Jaya dan Jejawi. 

BACA JUGA:11 Mobil Pabrikan Jepang Ini Harga Bekasnya Mulai Rp75 juta, Rekomendasi Untuk Pasangan Muda

Dalam pelaksanaan tes, KPU OKI bekerjasama dengan sekolah untuk lokasi. Di Kayuagung lokasi tes terdapat di SMK Negeri 1 dan SMA Negeri 3. Untuk SMK Negeri 1 Kayuagung peserta tes ini berasal dari Kecamatan Kayuagung, Air Sugihan, Pangkalan Lampam, Sungai Menang dan Pampangan. 

Lalu, lanjutnya, untuk lokasi SMA Negeri 3 Kayuagung, peserta tes berasal dari Kecamatan Pedamaran, Tulung Selapan, Cengal, Pedamaran Timur dan Pampangan. 

Untuk lokasi SMK Negeri 1 Lempuing Jaya, ppesertanya berasal dari Kecamatan Mesuji, Lempuing, Mesuji Makmur, Mesuji Raya, Lempuing Jaya, Teluk Gelam dan Tanjung Lubuk. 

Selanjutnya, untuk lokasi SMK Negeri 1 Jejawi para peserta berasal Kecamatan SP Padang dan Jejawi. Tes ini mulai dari sesi pertama dimulai pukul 08.00 WIB, sesi kedua mulai pukul 10.00 WIB, sesi ketiga dimulai pukul 13.00 WIB dan sesi empat atau terakhir mulai pukul 15.00 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: