Jembatan Musi V Selesai Agustus 2023, ini Lokasinya

Jembatan Musi V Selesai Agustus 2023, ini Lokasinya

Jembatan Musi V yang terletak di Tol Kapal-Betung. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jembatan Musi III yang rencananya akan dibangun terowongan di dalam air membelah Sungai Musi sepertinya bakal dikesampingkan.

Pasalnya, Pemprov Sumsel hingga kini masih memfokuskan pembangunan Jembatan Musi V yang ditargetkan rampung pada Agustus 2023 mendatang. Jembatan Musi V sendiri berada di jalur tol Palembang-Betung.

"Membangun itu bukan hanya efisien dan efektifnya saja. Tapi harus kena sasaran," ungkap Gubernur Sumsel H Herman Deru kepada awak media di Hotel Aryaduta Palembang, Rabu 11 Januari 2023.

Apalagi kata Deru, dalam kurun waktu beberapa bulan ke depan akan ada penambahan satu jembatan lagi yakni Musi V yang akan selesai pada Agustus 2023. 

"Kita lihat dulu kecukupannya dan seberapa besar manfaatnya. Jembatan Musi itu kan tujuannya untuk mengurai kemacetan dan menghubungkan wilayah Seberang Ulu dan Seberang Ilir," ujar Deru.

Deru menilai, seandainya beberapa jembatan yang telah dibangun diantaranya Ampera, Jembatan Musi II, Musi IV, Musi VI, dan Musi V yang sebentar lagi akan rampung, cukup untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas masyarakat, akan lebih baik uang yang ada digunakan untuk keperluan yang lain.

BACA JUGA:99 Persen Meggunakan Produk Lokal, Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia Ikon Baru Sumsel

"Jika memang cukup dan tidak membuat stagnasi arus lalu lintas masyarakat, saya kira jembatan yang ada sudah cukup untuk mengurai kemacetan," bebernya. 

Kendati, Deru menuturkan tidak menutup kemungkinan akan tetap dibangun. Meski pembangunan Jembatan Musi III harus dipersiapkan secara matang agar pembangunannya tidak terjadi sia-sia.

"Bukan tidak menutup kemungkinan akan dibangun. Tapi perlu persiapan matang karena semua itu membutuhkan biaya yang harus dibayar kepada pihak investor," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Palembang, Sumatera Selatan, bakal miliki jembatan terowongan dalam air terpanjang di Indonesia. Rencananya, Jembatan Musi III akan dibangun melintasi kawasan Pulau Kemaro yang menghubungkan Sungai Gerong Pertamina Plaju untuk di Ulu, dan Sungai Batang Kalidoni untuk di wilayah Ilir.

Diwacanakan, Jembatan Musi III akan dibangun dengan sistem imersed tunnel, atau jembatan terowongan di dalam air. Artinya, Jembatan Musi III bakal membelah Ulu dan Ilir melalui jalur di bawah Sungai Musi.

Dalam rencana pembangunan Jembatan Musi III, sebelumnya sudah pada tahap draf kerjasama dengan Pemerintah China. Pemerintah China akan mengucurkan dana sebesar Rp5 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: