5 Jembatan Megah dan Terpanjang yang Terbentang di Pulau Sumatera

5 Jembatan Megah dan Terpanjang yang Terbentang di Pulau Sumatera

Jembatan Tengku Agung Sultanah Siak.--

SUMEKS.CO - Pulau Sumatera memiliki banyak sungai besar dan panjang. Tercatat 12 sungai besar yang tersebar di pulau dengan luas 473.481 kilometer ini.

Tak heran jika di pulau ini banyak terdapat jembatan panjang sebagai jalur penghubung wilayah daratan pulau Sumatera. jembatan adalah struktur yang dibuat untuk menyeberangi jurang atau rintangan seperti sungai, rel kereta api atau jalan raya.

Selain itu jembatan juga berfungsi untuk mnyatukan wilayah yang dipisahkan oleh sungai, jurang atau teluk (laut) sehingga dapat mempermudah akses transportasi.

Selain fungsi utamanya, kini jembatan tersebut juga berfungsi sebagai landmark suatu kawasan sejalan dengan perkembangan industri pariwisata.

Tentunya dimanapun jembatan itu berada, struktur yang dibuat untuk melintasi jurang atau halangan selalu berhasil menarik perhatian semua orang.

Berikut 5 jembatan terpanjang di pulau sumatera yang konstruksinya megah dan juga menjadi ikon daerah.

Jembatan Batanghari II

Jembatan Batanghari II Kota Jambi.-Foto: BP Jambi/sumeks.co-

Peringkat ketiga sebagai jembatan terpanjang di Pulau Sumatera ditempati oleh Jembatan Batanghari II. Jembatan ini dibangun selama 8 tahun (2002-2010), terletak di Kota Jambi dan memiliki panjang 1.400 meter atau 1,4 km dengan lebar sekitar 9 meter.

Pembangunan Jembatan Batanghari II berhasil mempersingkat waktu tempuh dari Kota Jambi ke daerah sekitarnya. Misalnya, jarak Jambi ke Pelabuhan Muara Sabak yang semula 131,99 kilometer menjadi 61,86 kilometer. Sebagai jembatan alternatif yang menghubungkan lintas timur Kota Jambi sehingga membantu dalam pengiriman barang dan jasa sehingga tepat dan efisien.

Sementara itu, menurut Bernhard Panjaitan, MM Kasubdin Praswil dan Tata Ruang Provinsi Jambi, pembangunan Jembatan Batanghari II menelan biaya kurang lebih Rp. 125 Miliar dari APBN, APBD Provinsi, APBD Kota Jambi, APBD Muara Jambi dan APBD Tanjab Timur selama tiga tahun anggaran yaitu 2003, 2004 dan 2005.

Jembatan Ampera

Masyarakat Palembang patut berbangga dengan jembatan yang sudah berdiri sejak tahun 1965 ini. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Musi yang dikenal memiliki sejarah panjang dengan kerajaan Sriwijaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: