Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia Ada di Sumatera Selatan

Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia Ada di Sumatera Selatan

Progres pembangunan Jembatan Musi V Palembang.--

BACA JUGA:Lift Jembatan Ampera Palembang Berubah Fungsi, Jangan Kaget

Perencanaan pembangunan Jembatan Musi IV telah dilakukan sejak tahun 2010.

Namun, karena keterbatasan anggaran, konstruksinya baru dilaksanakan pada tahun 2015-2018 menggunakan dana APBN dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan total dana Rp 553,57 miliar.

Masyarakat Palembang baru bisa menikmati jalan tersebut pada 2019 lalu. Dengan adanya Jembatan Musi IV Palembang, masyarakat bisa menghemat waktu sekitar 20 menit jika dari Kuto Batu menuju 14 Ulu dibandingkan harus melewati Ampera.

Alasan Jembatan Musi IV Palembang bisa mengalahkan panjang Ampera dikarenakan bentuk dan akses jalannya sedikit melingkar. Sedangkan, Ampera dari Ulu dan Ilir jalannya membentang lurus.

BACA JUGA:Masih Misteri, Jembatan Ampera Diyakini Sebagai Jembatan Musi 1, Ayo Kita Telusuri Bagaimana Sejarahnya

Perlu diketahui, untuk menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir Kota Palembang, pemerintah telah membuat tiga jembatan baru selain Jembatan Ampera. 

Meliputi, Jembatan Musi IV, yang ada di Kelurahan Kuto Batu, Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang.

Selanjutnya, ada Jembatan Musi VI yang membentang dari kawasan Tanggo Buntung ke kawasan 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu 1, Palembang.

Kemudian ada Jembatan Musi II, yang menghubungkan kawasan Gandus dan Keramasan. Jembatan ini lebih diperuntukan kendaraan besar seperti bus dan truk.

BACA JUGA:Palembang Butuh 9 Jembatan, Sesuai Penamaan Sumsel Provinsi Batang Hari Sembilan, Lokasinya Ada Dimana Saja

Jembatan-jembatan ini dibangun pemerintah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi di Jembatan Ampera. 

Selain itu, pembuatan jembatan juga bertujuan menjaga ketahanan Jembatan Ampera yang sudah tua.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: