Sempat Diragukan Terwujud, Berikut Data dan Fakta Tentang Tol Bengkulu

Sempat Diragukan Terwujud, Berikut Data dan Fakta Tentang Tol Bengkulu

Ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung siap beroperasi.-Foto: ikobengkulu/sumeks.co-

BENGKULU, SUMEKS.CO - Bila tidak ada perubahan, ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung akan resmi beroperasi pada 12 Januari 2023. Sebelumnya ruas tol ini sudah dapat dilalui tanpa dikenakan tarif alias gratis. Tujuannya sebagai uji coba atau simulasi pengoperasian.

Tol pertama di Provinsi Bengkulu tentunya telah menjadi kebanggaan masyarakat Bengkulu. Namun tahukah kamu rencana pembangunan tol yang diproyeksikan terintegrasi dalam jalur tol Trans Sumatera ini semua sempat diragukan.

Ketika itu keraguan datang dari masyarakat biasa atau netizen. Banyak komentar netizen yang menilai rencana pembangunan tol Bengkulu saat itu sebuah hal yang mustahil. Namun banyak pula netizen yang berdoa agar terwujud.

Lalu sikap pesimistis sempat ditunjukkan sejumlah elit yang duduk di legislatif maupun politisi partai politik. Khususnya politisi dari partai di luar pemerintahan.

BACA JUGA:Sah! Tol Bengkulu-Taba Penanjung Resmi Beroperasi 12 Januari 2023, Ini Rincian Tarifnya

Namun kini keraguan tersebut terjawab tunai. Tak lama lagi tol perdana di Provinsi Bengkulu ini akan resmi beroperasi. Diharapkan memberi efek positif bagi roda perekonomian, khususnya di Bengkulu.

Berikut sejumlah data dan fakta tentang Tol Bengkulu. 

-Tol Pertama di Provinsi Bengkulu

Sebagaimana dijelaskan di atas, ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung merupakan tol pertama yang ada di Provinsi Bengkulu. Selesainya pembangunan tol ini setidaknya memberi secercah harapan keberlangsungan tol Bengkulu-Lubuklinggau yang terhubung dalam ruas Trans Sumatera. 

-Pembangunan Tercepat

Deputi Bidang Koordinasi Infrasturktur dan Transportasi Kemenkomarves, Ayodhia G L Kalake mengapresiasi atas capaian Provinsi Bengkulu. Menurutnya, pengerjaan tol Bengkulu menjadi salah satu yang tercepat dalam pengerjaan tol provinsi di Indonesia.

“Ini merupakan prestasi pembangun tol tercepat di Indonesia. Kami berharap ini bisa meng-generate serta menggenjot ekonomi daerah setempat. Kita bisa berharap banyak pada potensi lokal bisa dimanfaatkan seoptimal mungkin. Ini yang menjadi harapan kita semua,” ujar Ayodhia, September 2021 lalu.

BACA JUGA:Sumatera Selatan Segera Miliki Jembatan Tol Terpanjang di Indonesia

Jalan Tol Taba Penanjung–Bengkulu memiliki main road yang terbentang sepanjang 17,6 km, dan merupakan bagian dari Tol Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu yang total panjangnya mencapai 96 km. Seksi Tol Taba Penanjung–Bengkulu ini mulai dibangun pada September 2019 lalu. Selesai 100 persen pada akhir 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: