Jadi Pembina Apel Perdana, Wako Palembang Evaluasi Pembangunan

Jadi Pembina Apel Perdana, Wako Palembang Evaluasi Pembangunan

H Harnojoyo menjadi pembina apel perdana di awal tahun 2023. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemerintah Kota Palembang menggelar apel perdana tahun 2023, Senin 2 Januari 2023. Wali Kota Palembang H Harnojoyo bertindak sebagai inspektur upacara.

"Tahun 2022 kemarin banyak capaian yang dilakukan Organisasi Perangkat Kerja (OPD) Kota Palembang yang saya banggakan," kata Harnojoyo dalam sambutan apel pagi di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB).

Harnojoyo menjelaskan, berbagai kegiatan dan program telah dilaksanakan, terutama dalam pembangunan infrastruktur di Kota Palembang.

"Saya berharap pembangunan infrastruktur lainnya dapat terlaksana dengan baik tanpa kendala berarti. Seperti akan adanya pembangunan flyover Simpang Sekip," jelasnya.

Lanjut Harnojoyo, bedasarkan hasil dari BPS Kota Palembang bahwa pertumbuhan ekonomi Kota Palembang pada tahun 2021 mencapai 3,17 persen.

Selama dua tahun dihadapkan dengan COVID-19 hingga pertumbuhan ekonomi Palembang mengalami kontraksi hinggal -0,25 persen.

BACA JUGA:Apel Perdana Usai Lebaran, Kapolda Sumsel Gelar Halal Bihalal

"Alhamdulillah saat ini kita perlahan mulai bangkit. Hal ini dilihat dari persentase pertumbuhan ekonomi yang kembali menuju ke arah positif," ucapnya.

Harnojoyo menuturkan persentase tingkat kemiskinan di Palembang pun menuju ke arah baik yakni menurun dari 11,34 persen di tahun 2021 menjadi 10,48 persen di tahun 2022. 

"Untuk menjadi perhatian kita bersama bahwa pembangunan yang dilakukan baik fisik dan non-fisik yang ada di Kota Palembang sejatinya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai indikator keberhasilan tersebut adalah diukur dengan IPM atau Indeks Pembangunan Manusia," tuturnya.

Harno juga menambahkan, IPM Kota Palembang juga mengalami kenaikan dari 78,82 di Tahun 2021 menjadi 79,47 di tahun 2022.

IPM sendiri diukur dari beberapa komponen yakni Angka Harapan Hidup, Rata-Rata Lama Sekolah, Harapan Lama Sekolah dan Pengeluaran per Kapita.

Angka persentase stunting Kota Palembang juga terus mengalami penurunan dimana pada tahun 2019 mencapai 7,5 persen dan terus menurun ke angka 1,7 persen  di tahun 2020, 1,1 persen di tahun 2021 dan mencapai 0,4 persen pada tahun 2022.

BACA JUGA:Apel Perdana, Kinerja Pegawai Dinilai dari Kedisiplinan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: