Ternyata Ini Jembatan Terpanjang di Palembang, Bukan Ampera

Ternyata Ini Jembatan Terpanjang di Palembang, Bukan Ampera

Jembatan Musi IV, yang membentang dari Kelurahan Kuto Batu ke Kelurahan 12 Ulu, Palembang.--bakohumas.palembang.go.id

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Jembatan Ampera ternyata bukanlah Jembatan terpanjang di Kota PALEMBANG

Jembatan Ampera merupakan ikon Kota Palembang. Terletak di pusat Kota Palembang, menghubungkan daerah Seberang Ulu dan Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi.

Ampera juga kerap kali dijadikan spot untuk berswafoto. Namun, siapa sangka Ampera yang kerap kali dijadikan wisatawan untuk spot berswafoto ini, masih kalah panjang dengan Jembatan Musi IV Palembang.

Jika diukur, Ampera terbentang di atas Sungai Musi Kota Palembang ini memiliki panjang 1.177 meter, lebar 22 meter dan tinggi 63 meter dan jarak antara menara 75 meter.

BACA JUGA: Tugu Pertempuran Lima Hari Lima Malam Palembang, Kurang Sosialisasi

Sementara, Jembatan Musi IV Palembang merupakan tipe extradozed (perpaduan kabel dengan gelagar kotak/box girder) dengan panjang 1.130 meter, dan lebar 12 meter.

Lokasinya berada di Kelurahan Kuto Batu dan Kelurahan Lawang Kidul di Seberang Ilir, sementara di Seberang Ulu yakni di Jalan A Yani di Kelurahan 14 Ulu Kecamatan Seberang Ulu II Palembang.

Pembangunan Jembatan Musi IV bertujuan mengurangi beban lalu lintas Jembatan Ampera dan meningkatkan konektivitas di Kota Palembang. 

Perencanaan pembangunan Jembatan Musi IV telah dilakukan sejak tahun 2010.

BACA JUGA:Libur Tahun Baru, Penumpang LRT Palembang Membludak

Namun, karena keterbatasan anggaran, konstruksinya baru dilaksanakan pada tahun 2015-2018 menggunakan dana APBN dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dengan total dana Rp 553,57 miliar.

Masyarakat Palembang baru bisa menikmati jalan tersebut pada 2019 lalu. Dengan adanya Jembatan Musi IV Palembang, masyarakat bisa menghemat waktu sekitar 20 menit jika dari Kuto Batu menuju 14 Ulu dibandingkan harus melewati Ampera.

Alasan Jembatan Musi IV Palembang bisa mengalahkan panjang Ampera dikarenakan bentuk dan akses jalannya sedikit melingkar. Sedangkan, Ampera dari Ulu dan Ilir jalannya membentang lurus.

Perlu diketahui, untuk menghubungkan kawasan Seberang Ulu dan Seberang Ilir Kota Palembang, pemerintah telah membuat tiga jembatan baru selain Jembatan Ampera. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: