5 Jenis Obat Sinusitis Herbal yang Bisa Jadi Pilihan Anda

5 Jenis Obat Sinusitis Herbal yang Bisa Jadi Pilihan Anda

Kunyit-Pixabay.com-

SUMEKS.CO - Sinus yang sehat perlu diisi dengan udara. Namun, ketika Sinus tersumbat oleh cairan, bakteri tumbuh dan akhirnya menyebabkan infeksi. 

Ini disebut sinusitis. Anda bisa meredakannya dengan menggunakan beberapa obat alami atau herbal untuk infeksi sinus berikut ini.

Selain obat sinus medis, anda bisa menggunakan bahan alami atau herbal berikut ini untuk mengatasi penyakit hidung ini.

1. Jahe

Ternyata,  jahe juga bermanfaat untuk infeksi sinus karena sifat antiinflamasi dan antioksidan alaminya. Zat ini dapat mengurangi pembengkakan selaput hidung dan melegakan hidung tersumbat. 

BACA JUGA:Penampakkan Pasar Sentral Makassar yang Hangus Terbakar, Total 899 Los Pedagang Ludes dan Segera Direlokasi

Studi menunjukkan bahwa jahe menekan produksi lendir dan mengurangi sakit kepala. Jika anda ingin mencoba  herbal infeksi sinus ini, anda bisa merebus jahe dalam air. 

Teh jahe bisa dibuat dari air rebusan jahe dan diminum tiga kali sehari. Anda juga dapat menggunakan air matang sebagai kompres untuk dioleskan pada wajah selama 15 menit. 

Uap jahe yang dihasilkan dapat membersihkan rongga pernapasan dari sumbatan lendir.

2. Cuka Apel

Cuka sari apel  juga sering digunakan sebagai obat alami infeksi sinus. Pasalnya, bahan alami ini kaya akan vitamin A, E, B1, B2, kalsium, potasium, dan magnesium yang mampu membersihkan  sinus dan mengobati gejala sinusitis. 

BACA JUGA:MenkopUKM: Koperasi Tidak Mudah Untuk Dipailitkan dan PKPU

Cuka sari apel juga  telah lama digunakan untuk membersihkan luka dan mencegah infeksi karena menghambat pertumbuhan bakteri. 

Pengobatannya bisa dilakukan dengan mencampurkan sesendok cuka sari apel ke dalam secangkir air hangat lalu tambahkan madu atau lemon secukupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: