Keraton Solo Konflik, Muncul Isu Penodongan Senpi

Keraton Solo Konflik, Muncul Isu Penodongan Senpi

Keraton Solo.--

SOLO, SUMEKS.CO - Kabar tak sedap berembus dari Keraton Solo atau Keraton Kasunanan Surakarta. Pekan lalu beredar kabar isu penodongan senjata di balik konflik Keraton Kasunanan Surakarta. Namun Kabar tersebut langsung dibantah Polda Jawa Tengah. Propam pun diturunkan memeriksa polisi yang berada di lokasi konflik tersebut.

Konflik di Keraton Solo mencuat setelah adanya laporan terkait seorang putri dari Keraton Kasunanan Solo berinisial TRKD melakukan dugaan penganiayaan terhadap kerabatnya bernama KRA Christophorus Aditiyas Suryo Admojonegoro di dalam lingkungan keraton, pada Sabtu 17 Desember 2022 lalu.

Agung Susilo, kuasa hukum pelapor menjelaskan konflik bermula dari adanya isu soal pencuri yang masuk di lingkungan keraton. Hal itu lantas membuat akses keluar masuk keraton akhirnya ditutup.

Namun, kelompok TRKD lantas memaksa masuk ke dalam lingkungan keraton menggunakan tangga. Hal itulah yang menimbulkan cekcok antara TRKD dan korban yang berujung dugaan penganiayaan.

BACA JUGA:Merasakan Jadi Tamu Raja di Keraton Kasunanan Surakarta

"Diduga ada penganiayaan ringan. Didorong, dan ditampar pipinya. Hal ini membuat korban mengalami luka sedikit lebam di pipi sebelah kiri," kata Agung Susilo, kuasa hukum pelapor, dilansir detikJateng, Ahad 18 Desember 2022.

Sementara itu, paman dari TRKD, KPH Eddy Wirabhumi mengungkapkan, konflik terjadi di Keraton Solo diduga karena isu adanya maling. Keponakannya saat itu sedang mengejar pencuri di kompleks keraton.

Wirabhumi menyebut saat itu pembantu TRKD justru ditodong pisau oleh seseorang saat mencoba melakukan pengecekan. "Begitu masuk langsung ditodong, disekap pakai pisau," katanya.

Menurut Wirabhumi, pencurian di kompleks keraton pernah terjadi sekitar dua pekan lalu. Beberapa barang hilang akibat pencurian itu. "Jumlah cukup banyak. Piring ada satu set piring, satu set sendok, satu set gelas," ujarnya.

Dalam konfirmasinya, Wirabhumi pun membenarkan adanya konflik internal di Keraton Solo antara TRKD dengan kerabatnya. Dia menyebut, oknum abdi dalem itu disebut berbicara kurang sopan kepada TRKD yang merupakan putri ndalem. Saat itulah TRKD sempat emosi.

Konflik Internal di Keraton Solo Terjadi Lagi

BACA JUGA:Wamen Parekraf Angela Tanoesoedibjo Tak Sadarkan Diri di Keraton Surakarta

Tak sampai di situ, konflik internal di Keraton Solo kembali terjadi pada Jumat 23 Desember malam. Keributan terjadi melibatkan pihak Keraton Solo dengan Lembaga Dewan Ada (LDA) yang diwarnai aksi dugaan penodongan pistol kepada cucu dari Paku Buwono XIII, BRM Suryo Mulyo.

Dugaan penyebab konflik kali ini karena dipicu rencana penutupan pintu Kamandungan, Jolotundo, dan pintu lainnya di Keraton Kasunanan Solo. Wakil Pengageng Sasana Wilapa Keraton Kasunanan Surakarta, KRA Dani Nur Adiningrat mengatakan, penutupan pintu itu atas perintah dari Sinuhun Paku Buwono XIII.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: