Peringatan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang Kembali Digelar

Peringatan Pertempuran Lima Hari Lima Malam di Palembang Kembali Digelar

--

SUMEKS.CO - Setelah sukses menghelat Peringatan Pertempuran Lima Hari Lima Malam (P5H5M) tahun 2022 lalu. Kini Panitia yang terdiri dari berbagai komunitas akan kembali digelar peringatan  P5H5M pada 1-5 Januari 2023 . 

Kegiatan ini akan dimeriahan dengan berbagai kegiatan, diantaranya adalah  pawai kendaraan, longmarch, teaterikal, orasi kebudayaan, puisi di hari pertama, dan sebagainya. Sedangkan hari ke dua  hingga ke lima, ada pameran ontel dan barang jadul, diskusi sejarah  dan bazaar UMKM.   

Sebagaimana dikatakan oleh Ketua Panitia, Dr Dedi Irwanto  mengatakan, kegiatan P5H5M  yang diinisasi kawan-kawan pengurus dari Yayasan Kesultanan  Palembang Darusalam bersama YM SMB IV RM Fauwaz Diradja dan diketuai oleh Vebri Al lintani telah sukses dilaksanakan pada tahun lalu, dan insyaallah dapat terlaksana kembali pada tahun 2023 mendatang. 

Menurut Dedi yang juga menjabat sebagai  Ketua Lab Sejarah FKIP Unsri ini,  tahun 2023 ini jumlah komunitas yang mendukung kegiatan bersejarah ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

BACA JUGA:Mencuri Pipa, Petani Karet Dibekuk

“Tahun lalu, peringatan pertempuran P5H5M diikuti oleh 55 komunitas, tahun ini jika melihat daftar komunitas yang telah aktif dalam kepanitiaan per hari ini telah mencapai 74 Komunitas. Sepertinya akan bertambah lagi. Makin banyak komunitas yang ikut, makin baik,” kata Dedi yang juga  ketua Masyarakat Sejarawan Indonesia Kota Palembang,” katanya, Minggu 25 Desember 2022.

Selain keterlibatan Komunitas, sementara ini akan ada juga keterlibatan dari pihak Pemerintah Kota Palembang, Propinsi Sumsel dan Dinas Koperasi dan UMKM, LPP RRI Palembang serta pihak Bintaljarah Kodam II/Sriwijaya.

“Kami telah beraudiensi dengan ibu Wawako Palembang Fitri Agustinda, Kadisbudpar  Sumsel, Kadis Koperasi dan UMKM, RRI dan Bintaljarah Kodam II/Sriwijya  serta pihak terkait agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Namun kami masih berharap aka nada juga audiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan dan  Pangdam II/Sriwijaya untuk dukungan yang lebih baik. Kebetulan juga pada tanggal 1 januari itu juga adalah HUT Kodam II/Sriwjaya ” ujar Dedi.

Dedi berharap, kegiatan peringatan P5H5M 2023 yang dilaksanakan secara gotong royong ini mendapatkan dukungan dari berbagai pihak sehingga dapat terlaksana dengan baik.

BACA JUGA:4 Warga Binaan Lapas Kayuagung Terima Remisi Khusus

Sebagaimana pada tahun lalu, prinsip kegiatan ini dilaksanakan dengan gotong royong, sumbangan secara suka rela dari unsur masyarakat. Begitu juga pada tahun ini. Kita tidak menargetkan sebesar apa kegiatan ini nantinya, namun akan kita laksanakan sebatas kemampuan sumber daya yang terkumpul nantinya,” ujar Dedi.

Selain itu, kata Dedi, kegiatan sejarah seperti ini sangat penting dilakukan dan dapat menjadi kegiatan rutin setiap tahun. 

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahun sehingga data mendatangkan kemanfaatan. Bukan saja  untuk meningkatkan semangat patriotsme dan kebangsaan, namun juga dapat bermanfaat dalam bidang kepariwistaan’, pungkas Dedi.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: