Libatkan Masyarakat dalam Pemberantasan Peredaran Gelap Narkoba

Libatkan Masyarakat dalam Pemberantasan Peredaran Gelap Narkoba

Kapolda Sumsel saat meninjau melihat kesiapan kapal patroli gabungan yang tengah bersandar di Pelabuhan Boom Baru Palembang. Foto: dokumen/sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sinergi dan kerjasama yang baik antara sesama pemangku kepentingan dan masyarakat dalam pemberantasan peredaran narkoba dan segala macam praktik melanggar hukum lain sangat diperlukan.

Hal tersebut ditegaskan Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK saat memimpin Apel Sinergisitas Patroli Bersama dalan Upaya Pemberantasan Narkoba di Sumsel di lapangan Terminal Peti Kemas Pelabuhan Boom Baru, Selasa 20 Desember 2022. 

"Terutama dalam upaya pemberantasan peredaran gelap narkoba mutlak diperlukan. Salah satunya di wilayah perairan dengan dibentuknya Komunitas Maritim yang kerap dijadikan sebagai jalur keluar masuk narkoba dan barang ilegal lainnya," sebut Kapolda. 

Kapolda Rachmad mencontohkan Polda pengamanan di negeri tetangga terdekat yakni Singapura. 

BACA JUGA:Simpan Narkoba, Oknum PNS Puskesmas OKI Ditangkap Polda Sumsel

Sistem keamanannya sangat sederhana tapi berjalan dengan efektif, salah satunya di tiap-tiang telepon ditempel nomor pengaduan masyarakat.

“Apabila melihat, mengetahui dan menjadi korban kejahatan. Pelibatan partisipasi masyarakat sangat terlihat dari situ," ungkapnya. 

Hal serupa juga disampaikan Kakanwil Bea dan Cukai Sumbagtim yang diwakili Plt Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai, Sad Wibowo Erijanto. 

Sad Wibowo mengatakan, bersama-sama menjalankan tupoksi dalam menjamin kepentingan negara, baik Bea Cukai, aparat penegak hukum, komponen pemerintah dan masyarakat.

BACA JUGA:Pengedar Narkoba di Palembang Ditangkap, 11 Paket Sabu Disembunyikan dalam Teko Air Minum

“Hal tersbeut dalam upaya perlindungan sosial, ekonomi, kesehatan masyarakat serta kepentingan dalam memberantas peredaran narkoba di kalangan masyarakat," ujar Wibowo. 

Dia menambahkan, kejahatan narkoba yang terbilang sebagai extra ordinary crime (kejahatan luar biasa) karena jaringan peredaran yang begitu luas yakni melintasi batas negara serta dilakukan secara terorganisir dan sistematis. 

Selain jajaran Polda Sumsel dan Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, turut hadir pada apel Sinergisitas patroli bersama ini di antaranya BNN Provinsi Sumsel, TNI AL serta Kelompok Sadar (Pokdar) Masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Rachmad juga menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang pesisir Sungai Musi dan para pekerja angkut di Pelabuhan Boom Baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: