Surat Pengunduran Diri Paus Fransiskus Sudah Disiapkan Sejak 2013

Surat Pengunduran Diri Paus Fransiskus Sudah Disiapkan Sejak 2013

Paus Fransiskus.--

ROMA, SUMEKS.CO - Pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma Vatikan Paus Fransiskus, diam-diam sudah menyiapkan surat pengunduran dirinya sejak 2013 lalu. Namun hal itu baru diungkapkannya saat wawancara dengan kantor Berita Spanyol BBC yang terbit pada Ahad 18 Desember 2022. 

Paus Fransiskus mengatakan bahwa dirinya telah menandatangani surat pengunduran dirinya kalau-kalau ia cacat suatu hari nanti. Dilansir dari CNN, dia menegaskan masalah kesehatan atau kecelakaan bisa menghambat tugasnya dalam kepausan. Pria 86 tahun itu pun mengaku telah menulis surat beberapa tahun lalu dan memberikannya kepada Sekretaris Negara Vatikan saat itu, Kardinal Tarcisio Bertone. Namun, Bertone telah mengundurkan diri pada 2013.

"Saya sudah menandatangani surat pengunduran diri saya. Sekretaris Negara saat itu adalah Tarcisio Bertone. Saya menandatanganinya dan berkata, 'Jika saya jadi cacat karena alasan medis atau apa pun, inilah pengunduran diri saya'.

"Entah kepada siapa Kardinal Bertone memberikan surat itu, tetapi saya menyerahkan kepadanya ketika ia menjadi Sekretaris Negara," tutur Paus Fransiskus.

BACA JUGA:Usai Ulang Tahun, Paus Fransiskus Menyatakan Mengundurkan Diri

Paus Fransiskus baru pertama kali ini secara blak-blakan mengungkap adanya surat itu.

Menurut Paus Fransiskus, tindakan membuat surat pengunduran diri pernah dilakukan Paus Paulus VI dan Paus Pius XII. Alasannya sama, yakni jika terjadi gangguan permanen.

Paus Fransiskus memang terlihat sehat. Dia hanya mengalami masalah lutut. Ia kerap tampil dengan tongkat dan terkadang menggunakan kursi roda karena lutut kanannya sakit.

Karena alasan kesehatan itulah, Paus Fransiskus membatalkan kunjungan ke Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan usai dokter menyarankannya agar melewatkan juga kunjungan selanjutnya ke Kanada, kecuali ia setuju untuk menjalani terapi 20 hari lagi dan mengistirahatkan lutut kanannya.

Tahun lalu, Paus Fransiskus menjalani operasi pengangkatan sebagian usus besarnya karena divertikulitis, suatu penyakit yang umum.

Pada 2013, pendahulu Paus Fransiskus, Paus Benediktus XVI, membuat keputusan yang belum pernah terjadi sebelumnya karena mengundurkan diri dengan alasan usia lanjut. Keputusannya mengejutkan dunia Katolik. (wartaekonomi.co.id/dom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: