Pengembangan Usaha BUMDes di Ulak Paceh Jaya melalui PKM UIGM

Pengembangan Usaha BUMDes di Ulak Paceh Jaya melalui PKM UIGM

Ilustrasi--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Program Insentif Pengabdian Masyarakat Yang Terintegrasi Dengan MBKM Berbasis Kinerja IKU PTS Tahun 2022, bekerja sama dengan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) selama 6 hari  menggelar pelatihan membuat pakan Ternak yang bergizi tinggi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada disekitar lingkungan yang tidak terpakai.

Lingkungan menjadi masalah didalam masyarakat apabilah tidak ditangani dengan baik serta dapat menimbulkan penyakit debuh dan sarang nyamuk.

Keberadaan pabrik penggilingan padi menghasilkan beras, limbah kulit padi dan Bekatul/dedak dilingkungan desa yang berasal dari pabrik padi.

Limbah menjadi sumber rejeki jika dikelola dengan baik, hal ini dapat memberi inovasi baru untuk pembuatan pakan ternak unggas yang bergizi tinggi serta bahan baku yang didapat secara gratis. Pelatihan diselenggarakan dimulai tanggal 8-15 Desember 2022 didesa Ulak paceh Jaya Kabupaten Musi banyuasin.

BACA JUGA:Pj Bupati Apriyadi Harapkan IKPB Memberikan Kontribusi Positif dan Menjaga Muba Zero Konflik

Dalam pelaksanaan Pelatihan diikuti oleh sekitaran 45 orang yang berasal dari toko masyarakat, kelompok UMKM dan  masyarakat  kecil serta BUMdesa desa Ulak paceh Jaya. Pelatihan tersebut di ikuti oleh Dr.Lesi Hertati.SE.M.Si.Ak.CA.CTA.ACPA.CAPF.CAPM.CLAC sebagai ketua TIM Pengusul dalam Pelatihan yang berasal dari Universitas Indo Global Mandiri.

Narasumber Dr.Lilis Puspitawati.SE.M.Si.Ak.CA. CSRS pakar ahli dari KOMIMPO didampingi oleh ibu Evi Purnamasari, S.SI., M.Kom dari dosen Sistem Informasi UIGM memberi Pelatihan  aplikasi stroberi kasir laporan penjualan, persediaan barang dagangan, arus kas, data produk dan data konsumen/produsen secara uptodate 2 jam.

Kemudian selanjutkan oleh Nara Sumber Pakar ahli dari KOMIMPO Marketing dan Web ibu Dr.Meifida ilyas .SE. M.Si. Ak. CA. CSRS.CSRA yaitu membangun digital marketing untuk memasarkan pakan ternak menggunakan app, Facebook ads dan Instagram, digitalisasi proses bisnis membuat promosi produk dimedia internet, youtobe dan marketplane, instagram,  didampingi oleh ibu Shafiera Lazuarni, S.E., M.Sc dosen manajemen keuangan dan Bisnis UIGM kegiatan ini dibantu oleh 6 orang mahasiswa yaitu dari Prodi akuntansi 2 orang, dari prodi manajemen 2 orang dan 2 orang lagi dari prodi sistem informasi. 

Nara sumber pakar dari dari Pakultas Kedokteran Universitas Ahmad Yani Bandung yaitu Dr.Harun Heri Trismiyanto.SE.MM menyampaina melalui zoom meeting memberi materi nilai gizi yang terkandung didalam pakan ternak terdiri dari unsur nutrisi yang terkandung di dalam bahan pakan secara umum terdiri atas air, mineral, protein, lemak, karbohidrat dan vitamin.

BACA JUGA:Di Prabumulih, Tukang Ojek Tewas Ditikam Tukang Ojek

Setelah dikonsumsi oleh ternak, setiap unsur nutrisi berperan sesuai dengan fungsinya terhadap tubuh ternak untuk mempertahankan hidup dan berproduksi secara normal.

Unsur nutrisi yang terkandung di dalam bahan pakan secara umum terdiri atas air, mineral, protein, lemak, karbohidrat dan vitamin.

Setelah dikonsumsi oleh ternak, setiap unsur nutrisi berperan sesuai dengan fungsinya terhadap tubuh ternak untuk mempertahankan hidup dan berproduksi secara normal.

Turut hadir didalam acara ini toko masyarakat bapak H.Husin dan Kades Ulak Paceh Jaya Husni Tamrin sangat senang mendapat kunjungan sosialisasi agar membuka wawasan baru pada desa mengenai usaha sampingan masyarakat jika harga sawit dan karet anjlok mereka dapat membuat industri kreatif yang dapat menopang ekonomi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: