Bawaslu Sumsel Sosialisasi Pengawasan Pemilu Libatkan Jurnalis

Bawaslu Sumsel Sosialisasi Pengawasan Pemilu Libatkan Jurnalis

Sosialisasi Bawaslu Sumsel di Hotel Beston Palembang, Rabu 14 Desember 2022. Foto: istimewa--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif, dengan tema peran jurnalis media untuk membangun efektivitas pengawasan Pemilu serentak tahun 2024 di Hotel Beston, Palembang, Rabu 14 Desember 2022.

Ketua Bawaslu  Sumsel Yenli Elmanoferi SE MSi mengatakan bahwa peran pers dalam pengawasan pemilu sangatlah penting dalam menyampaikan informasi yang akurat dan faktual bagi masyarakat. 

"Mari bersama sama kita kawal proses demokrasi. Kehadiran kami 24 jam di tengah-tengah masyarakat, peserta pemilu tak mungkin hanya sendiri, baik Bawaslu kabupaten/kota atau pun Panwascam yang sudah terbentuk," kata Yenli Elmanoferi.

Yenli Elmanoferi mengatakan, semestinya pengawas-pengawas Bawaslu juga mempunyai naluri jurnalis, bagaimana melakukan sesuatu itu sudah menjadi catatan, ulasan dituangkan dalam tulisan dan menjadi berita. 

BACA JUGA:Satu Tersangka Dana Hibah Bawaslu Ogan Ilir Kembalikan Kerugian Negara

"Oleh sebab itu, Bawaslu dengan jurnalis hampir sama, tidak ada bedanya, dengan pengawasan, melihat, mendokumentasikan dan dituangkan dalam dokumen pengawasan," ujar Yenli Elmanoferi. 

Sementara itu, Kabag Pengawasan Hubal Abdul Rahim menambahkan, media merupakan mitra strategis Bawaslu dalam menyampaikan informasi yang faktual dan berimbang kepada masyarakat.

"Dengan adanya kegiatan ini kami berharap para jurnalis mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat, terkait wewenang dan tugas Bawaslu," ungkap Abdul Rahim. 

Kegiatan dihadiri oleh jurnalis dari berbagai organisasi seperti PWI Sumsel, AJI Palembang, IWO Sumsel, IJTI, Pewarta FJP dan lainnya. (ril)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: