Orangtua Harus Tahu! 2 Bahaya Water Beads untuk Anak

Orangtua Harus Tahu! 2 Bahaya Water Beads untuk Anak

Water beads. Foto : istockphoto.com--

SUMEKS.CO - Saat ini, Water Beads (manik-manik air) menjadi mainan yang sangat populer di kalangan anak-anak. Namun sebelum anda membiarkan anak anda bermain dengan mainan tersebut, sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu apakah Water Beads tersebut aman untuk anak atau bahkan dapat menimbulkan bahaya tersendiri. Apakah Water Beads berbahaya?

Water beads adalah bola-bola kecil yang sering digunakan sebagai mainan anak-anak. Seperti kebanyakan mainan anak lainnya, water beads biasanya memiliki warna cerah dan terang sehingga sangat menarik bagi anak-anak. 

Anak-anak biasanya memakai water beads yang sudah mengembang. Namun, ada juga yang menggunakan water beads sebagai mainan untuk mendorong perkembangan sensorik atau permainan sensory play.

Padahal, sudah lama Water beads tidak lagi direkomendasi untuk anak-anak.

Ini karena Water beads bisa berbahaya bagi anak-anak. Berikut adalah beberapa risiko yang terkait dengan Water beads saat digunakan sebagai mainan untuk anak-anak.

BACA JUGA:Penduduk di Kota Palembang Paling Banyak yang Belum Menikah dari 17 Daerah di Sumatera Selatan, Kok Bisa?

1. Bahaya water beads saat tertelan

Warna dan bentuknya yang menarik seperti makanan dapat membuat anak tertarik untuk memasukkan water beads ke dalam mulutnya. 

Jika water beads masuk ke mulut dan tertelan, anak bisa tersedak atau mengalami gangguan pencernaan. 

Water beads terbuat dari bahan polimer yang dapat mengembang di dalam air. Begitu berada di dalam tubuh yang berisi cairan, bola-bola ini dapat membesar dalam beberapa jam dan menyebabkan gangguan saluran cerna atau pernafasan pada anak-anak.

Saat terkena air atau direndam dalam air, ukuran Water beads bisa meningkat hingga 150-1500 kali lipat dari ukuran aslinya. 

BACA JUGA:Menteri PPPA: Peringatan Hari Ibu Tidak Sekedar Ucapan Terima Kasih

Jika Water beads tidak dapat dicerna di saluran pernapasan dan dikeluarkan dari rektum, Water beads tersebut mungkin perlu dikeluarkan.

2. Bahaya water beads saat masuk ke hidung atau telinga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: