5 Manfaat Buah Kecapi, Diyakini Mampu Mencegah Penyakit Kronis

5 Manfaat Buah Kecapi, Diyakini Mampu Mencegah Penyakit Kronis

Buah kecapi. Foto : istockphoto.com--

SUMEKS.CO - Diketahui bahwa konsumsi buah kecapi meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C di dalamnya. 

Tak hanya itu, khasiat buah kecapi yang bermanfaat juga mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker berkat nilai gizi dan senyawa aktifnya. 

Daging buah kecapi yang putih menyerupai buah manggis. Buah ini banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Selain dikonsumsi langsung, buah kecapi juga sering diolah menjadi manisan buah.

Banyak orang menyukai buah ini karena rasanya yang menyegarkan. Buah kecapi yang masih mentah biasanya berasa asam. Saat matang, buah kecapi memiliki  rasa yang lebih manis dan sedikit asam.

BACA JUGA:Arus Mudik Nataru Diprediksi Meningkat 7-10 Persen, Puncak Lalin Terjadi Saat Libur Natal

Seperti buah-buahan tropis lainnya, buah kecapi mengandung banyak nutrisi penting untuk kesehatan. Ini kelebihan buah kecapi sayang jika kita melewatkannya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu nutrisi terpenting dalam buah kecapi adalah vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya memperkuat daya tahan tubuh. 

Dalam hal ini, vitamin C dapat meningkatkan fungsi sel darah putih untuk melindungi tubuh dari infeksi, sehingga  tidak mudah sakit.

2. Mencegah Penyakit Kronis 

Kandungan vitamin C juga berperan penting dalam pencegahan penyakit kronis akibat radikal bebas. 

Selain vitamin C, tanin dan polifenol dapat melawan radikal bebas yang dapat memicu berbagai penyakit berbahaya. Namun, ini membutuhkan penelitian lebih lanjut.

BACA JUGA:Perlu Tahu! 10 Fakta Pasar 16 Ilir Palembang, Nomor 9 Patut Diperhatikan

3. Melancarkan BAB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: