6 Manfaat Keong Sawah dan Cara Mengolahnya

6 Manfaat Keong Sawah dan Cara Mengolahnya

Ilustrasi--

SUMEKS.CO - Keong sawah banyak manfaat kesehatan yang bisa anda dapatkan. Keong sawah, lebih dikenal sebagai tutut, adalah siput air. Nama ilmiah siput ini adalah Pila ampullacea. 

Tutut banyak ditemukan di air tawar di negara tropis dan banyak dijumpai terutama pada musim hujan. Tutut lebih kecil dari siput dan biasanya dapat diolah menjadi masakan enak.

Tak heran jika banyak orang yang menjadikan keong sawah sebagai lauk karena mudah didapat, murah dan memiliki nilai gizi yang cukup lengkap.

Keong Sawah yang kaya nutrisi ini dipercaya bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan kepadatan tulang. 

BACA JUGA:DPR Sahkan Yudo Margono Calon Panglima TNI

Ada beberapa manfaat penting di sini yang sayang jika dilewatkan.

1. Memperkuat daya tahan tubuh

Keunggulan keong sawah yang pertama adalah dapat menjaga stamina. Mengkonsumsi loon yang mengandung vitamin A, B dan C dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit. 

Seperti yang mungkin sudah anda ketahui, vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih yang menghasilkan antibodi. 

Selain itu, vitamin ini berperan dalam mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang berkontribusi terhadap perkembangan berbagai penyakit. 

Selain itu, ketika musim hujan tiba, penyakit atau virus menyebar lebih cepat.

BACA JUGA:Pajak Kendaraan Bermotor di OKI Sumbang Rp33 Miliar, 23 Desember 2022 Terakhir Pendaftaran Mutasi

2. Penuhi kebutuhan protein

Keong sawah memiliki kandungan protein yang  cukup tinggi. Menurut Food Research (2020), keong sawah bisa menjadi alternatif sumber protein hewani yang baik dan rendah lemak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: