Kain Tajung, Hasil Tenun Palembang Selain Songket

Kain Tajung, Hasil Tenun Palembang Selain Songket

Kain Tajung. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Provinsi Sumatera Selatan selain terkenal dengan kain songketnya, juga ada beragam jenis kain tenun khas lainnya yang konon telah ada masa Kesultanan Palembang, yang dipergunakan baik untuk acara hajatan pernikahan ataupun acara-acara adat lainnya.

Kain tersebut yakni tenun Tajung, tenun Blongsong, dan kain tenun Semageh.

Sejarah Kain Tenun Tajung dan Kain Blongsong

Dikutip dari berbagai informasi, pada awalnya, kain Tajung dan kain Blongsong atau biasa disebut masyarakat keturunan asli Palembang dengan sebutan Sewet Tajung dan Blongsong, hanya digunakan untuk keluarga keturunan para Raja atau Sultan Palembang kala itu.

Namun, seiring berjalannya waktu kain Tajung dan kain Blongsong banyak dijumpai dan digunakan oleh masyarakat pada acara atau upacara-upacara adat Palembang, diantaranya akad nikah perkawinan dan syukuran anak atau cucu.

Hampir sama dengan kain songket, kain Tajung dan kain Blongsong mempunyai ciri khas warna yang cerah serta motif yang beragam, yang biasanya untuk kain Tajung sebagian besar bermotif garis dan kotak atau limar.

BACA JUGA:Berkunjung ke Kampoeng BNI di Ogan Ilir, Mengenal Kerajinan Tenun Songket

Untuk kain Blongsong biasanya dipenuhi dengan motif bunga seperti bunga tabur, mawar, mawar kandang, mangga dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kain songket yang sebagian besar berbahan benang emas, namun untuk Sewet Tajung dan Blongsong menggunakan bahan benang sutra biasa.

Namun, ada jenis kain lainnya yang dinamakan Blongket yakni gabungan antara Blongsong dan Songket, yakni Blongsong yang ditenun dengan menggunakan kain emas dengan motif khas Songket Palembang.

Teknik Pembuatan Kain Tajung dan Kain Blongsong

Untuk satu motif kain Tajung dan Blongsong, diketahui membutuhkan minimal 3.600 helai susunan benang sutra atau katun. 

Berbeda dengan tenun ikat yang motifnya dibuat dengan pola tertentu yang kemudian diikat dan dicelup ke dalam pewarna berulang kali, proses penyusunan motif dan pewarnaan dalam kain Tajung dan Blongsong dilakukan dengan teknik pelintir atau limar yang digambarkan secara spontan oleh para pengrajin. 

Keseluruhan proses pewarnaan, pengeringan, dan penyusunan motif kemudian dapat memakan waktu selama kurang lebih 25 hari hingga satu bulan. Sedangkan proses penenunan kain dapat menghabiskan sekitar 1-3 hari untuk kain sepanjang 2 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: