Implementasi SAKIP Bersama Kemenpan RB

Implementasi SAKIP Bersama Kemenpan RB

VIRTUAL : Pemkab Muara Enim mengikuti pembinaan dan penguatan implementasi SAKIP secara virtual bersama Kemenpan RB RI.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO – Untuk penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Pemkab MUARA ENIM, mengikuti pembinaan dan penguatan implementasi SAKIP secara virtual bersama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI) di Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda MUARA ENIM, Jumat 9 Desember 2022.   

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Penjabat (Pj) Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH didampingi Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Maryana dan jajarannya. Pada kesempatan itu, Riswandar menyampaikan terima kasih atas pendampingan selama ini dari Kemenpan RB RI selama ini sehingga Pemkab Muara Enim dapat mempertahankan ke - 5 kali mendapatkan nilai SAKIP BB yang tidak lepas dari bimbingan Kemenpan RB RI.

“Bahwa selama ini 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muara Enim telah berupaya melakukan perbaikan dan penyelarasan mulai dari perencanaan hingga pelaporan sesuai dengan arahan dari Kemenpan RB RI,” jelasnya.

Dirinya menyadari masih ada kekurangan yang perlu dibenahi Pemkab Muara Enim sehingga berharap pada Kemenpan RB RI untuk terus melakukan bimbingan kepada Pemkab Muara Enim yang tidak lain untuk peningkatan kinerja Pemkab Muara Enim.

BACA JUGA:Kafe Remang-Remang di Lahat Makan Korban, Seorang Pengunjung Tewas

Sementara itu, Asisten III Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim Maryana, menambahkan adanya pendampingan oleh Kemenpan RB RI selama ini, sehingga Pemkab Muara Enim tetap mendapatkan nilai SAKIP BB dan RB naik dari CC menjadi B.

Ia mengatakan hasil yang diperoleh tersebut merupakan upaya yang telah dilakukan oleh OPD Pemkab Muara Enim dalam pemenuhan apa yang telah disyaratkan Kemenpan RB.

“Tahun depan kami masih membutuhkan dampingan dan arahan dari Kemenpan RB dengan harapan SAKIP naik jadi A dan RB jadi BB,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama secara terpisah dari Jakarta, Asisten Kedeputian Perumusan Kebijakan Kemenpan RB RI Komarudin mengapresiasi atas capaian Pemkab Muara Enim terhadap penilaian SAKIP dan RB.

BACA JUGA:Polisi Tangkap Hakim Pencuri Tutup Tangki Truk di Palembang

“Dengan SAKIP dan RB ini bahwasanya Pemkab Muara Enim harus memastikan setiap rupiah yang dikeluarkan untuk program - program yang dilaksanakan setiap rupiahnya harus memberikan manfaat kepada masyarakat dan harus mencapai tujuan dan sasaran dari prioritas kepala daerah,” jelasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: