Bolu Cupu, Oleh-oleh Makanan Tradisional Khas Kayuagung OKI

Bolu Cupu, Oleh-oleh Makanan Tradisional Khas Kayuagung OKI

Bolu Cupu buatan produksi rumahan Ning Mas Kalung di Kelurahan Paku Kayuagung. -Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Bingung cari oleh-oleh di Kayuagung Ogan Komering Ilir (OKI)? Makanan tradisional ini salah satunya yang wajib dijadikan buah tangan khas OKI. 

Bolu Cupu namanya. Kue Bolu Cupu ini diproduksi rumahan Bolu Cupu Hikmah oleh Ning Mas Kalung, di Kelurahan Paku Lingkungan IV Kayuagung. Rumah produksi ini setiap hari membuat Bolu Cupu ini. 

Dikatakan Ning Mas Kalung, ia mulai menekuni usaha rumahan sejak tahun 2002 lalu hingga sekarang ini. Sekarang dirinya memproduksi bolu cupu setiap hari karena peminatnya atau pembelinya banyak. 

Pembuatan bolu dimulai pagi hingga sore dengan jumlah pekerja sebanyak 4 orang. Dalam sehari bisa menghabiskan telur sebanyak 50 Kg, 50 Kg gula pasir dan 50 Kg tepung, terang Ning Mas, kepada SUMEKS.CO, Sabtu 10 Desember 2022.

Dijelaskannya, Bolu Cupu adalah makanan khas Kayuagung yang sudah turun temurun, sering dijadikan sebagai kue hantaran pada acara pernikahan juga.

BACA JUGA:Jelita Nan Mempesona, Kini Jadi Tempat Tongkrongan Baru Warga di Ogan Ilir

Sekarang ini Bolu Cupu selalu ada diberbagai acara pemerintahan juga termasuk dijadikan sebagai makanan oleh-oleh dari Kayuagung. 

Kue Bolu Cupu ini, sambungnya, terdiri dari bahan-bahan telur ayam atau telur bebek, gula pasir, tepung terigu dan vanili. Lalu dimasak dengan cara dipanggang atau dioven hingga matang. Dimana diatas bolu ditaburin gula pasir. 

Dia mengungkapkan, makanan tradisional Bolu Cupu ini sering dikirim ke Provinsi Lampung, Jambi, Palembang, terkadang juga ke pulau Jawa. 

Mengenai harga Bolu Cupu dijual Rp30 ribu per kotak isi 25 buah untuk yang dari telur ayam, sedangkan dari telur bebek dijual Rp40 ribu per kotak isi 25 buah. Bolu Cupu bisa bertahan atau tidak rusak hingga 1 minggu. 

Alhamdulilah Bolu Cupu selalu ramai pembeli, terutama untuk oleh-oleh dibawa ke Palembang dan kota lainnya. Terkadang sengaja dikirim melalui paket atau travel, tukasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: