4 Vitamin untuk Penderita Sakit Maag

4 Vitamin untuk Penderita Sakit Maag

Foto : Pixabay.com--

SUMEKS.CO - Selain minum obat dan mengubah pola makan, ada beberapa vitamin yang tersedia untuk penderita asam lambung. vitamin ini dapat dikonsumsi dengan mengonsumsi makanan tertentu atau sebagai suplemen makanan. 

Penyakit asam lambung, atau GERD, terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan gejala seperti rasa panas di dada, rasa pahit di mulut, dan kesulitan menelan.

Pengobatan  asam lambung biasanya berupa  antasida atau penghambat pompa proton. Selain obat-obatan, vitamin untuk penderita asam lambung dinilai baik untuk meredakan dan mencegah gejala GERD.

Berikut beberapa vitamin untuk penderita asam lambung:

BACA JUGA:6 Mitos Sakit Gigi yang Sering Dipercaya

1. Vitamin B

Salah satu vitamin dalam asam lambung adalah vitamin B. Vitamin ini bisa anda dapatkan dengan mengonsumsi suplemen atau dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin B, seperti telur, daging, yogurt, dan bayam. 

Penggunaan vitamin B secara teratur mengurangi  esofagitis yang disebabkan oleh  asam lambung yang menumpuk di kerongkongan. Selain itu, vitamin B juga dapat mengurangi risiko  kanker kerongkongan dan kerongkongan Barrett's Esophagus dan komplikasi GERD jangka panjang.

2. Vitamin C

Vitamin C juga membantu mengurangi peradangan dan memperbaiki sel-sel yang teriritasi oleh asam lambung. Selain makanan, anda bisa mengonsumsi aneka sayur dan buah yang kaya  vitamin C, seperti jeruk, tomat, stroberi, bayam, dan kentang.

3. Vitamin A

Vitamin A juga merupakan vitamin yang baik untuk penderita asam lambung. Karena vitamin A memiliki sifat antiradang, maka dapat mengurangi gejala sakit maag dan mencegah naiknya asam lambung di kerongkongan. 

BACA JUGA:Bayar Denda Pajak, Pengusaha Aspal Palembang Urung Masuk Bui

Bayam, wortel, ubi jalar, mangga dan pepaya dapat dimakan sebagai sumber vitamin A. Mengonsumsi suplemen  vitamin A sebaiknya didiskusikan terlebih dahulu dengan dokter, terutama jika anda  sedang hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: