Tahun 2023, Kamera ETLE Mulai Diterapkan di OKI

Tahun 2023, Kamera ETLE Mulai Diterapkan di OKI

Kasubdid Kamsel Ditlantas Polda Sumsel AKBP Erwin Aras Genda SH SIk MT, saat memberikan sosialisai ETLE di Gedung Kesenian Kayuagung, Kamis 8 Desember 2022.-Foto: Niskiah/sumeks.co-

KAYUAGUNG, SUMEKS.CO - Program tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) untuk penerapannya mulai dilaksanakan tahun 2023.

Dimana alat Etle ini telah terpasang di Kabupaten OKI sejak beberapa bulan lalu. Yakni di Jalan Muchtar Saleh simpang empat Polsek Kayuagung, lampu merah dan Jalan Letnan Yusuf Singadekane depan RSUD Kayuagung. 

Dikatakan Kasubdit Kamsel Satlantas Polda Sumsel, AKBP Erwin Aras Genda SIk MT, dalam sosialiasi Etle dan aplikasi Smart City, kepada masyarakat Kabupaten OKI, penerapan Etle ini untuk meningkatkan keselamatan dalam berlalulintas. Membuat angka kecelakaan lalulintas rendah. 

"Kamera ETLE ini meningkatkan keselamatan, menekan angka kecelakaaan dan membuat rendah angka kriminalitas," ujarnya saat sosialisasi di hadapan peserta di Gedung Kesenian Kayuagung, Kamis 8 Desember 2022.

BACA JUGA:7 Fakta Lord Rangga, Petinggi Sunda Empire

Dijelaskan, Kamera ETLE ini penerapannya terkoneksi langsung. Di mana se Sumsel ada 65  kamera ETLE di tahun depan 2023 terpasang dan berfungsi. Untuk diketahui kecelakaan lalulintas terjadi karena adanya pelanggaran. 

"ETLE ini bagi pengendara yang melakukan pelanggaran, terekam data benar maka diproses dan dicetak," katanya. 

Diterangkan Kasubdid Kamsel, adapun pelanggaran yang tercapture atau terekam oleh kamera ETLE yakni tidak menggunakan helm, menerobos traffic light atau lampu merah, tidak mengunakan safety belt atau sabuk pengaman dan menggunakan handphone saat berkendara. 

BACA JUGA:Mengenang Sosok Almarhum Wakil Wali Kota Pagaralam Muhammad Fadli

"Jadi tahun 2023 kamera ETLE mulai diterapkan serentak se Sumsel tahap dua ada 52 camera untuk OKI ada dua titik kamera statis," tegasnya, didampingi Kasat Lantas Polres OKI, AKP M Sadeli SH, saat diwawancarai awak media. 

Erwin berpesan kepada masyarakat jangan takut adanya kamera ETLE penerapannya nanti. Tetapi sama-sama untuk tertib berlalulintas. 

Sementara itu Bupati OKI, H Iskandar SE mengatakan, kamera ETLE yang akan diterapkan tahun depan 2023 ini mampu merespon dapat berjalan baik. Dimana program ini bagus karena memudahkan pelayanan kepada masyarakat cara berlalulintas. (*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: