Usai Dikeruk, Danau OPI Jadi RTH Lengkap dengan Fasilitas Umum

Usai Dikeruk, Danau OPI Jadi RTH Lengkap dengan Fasilitas Umum

Pengerukan Danau OPI Jakabaring. --

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Revitalisasi Danau OPI Jakabaring menyisakan progres 24 persen dengan fokus pekerjaan pengerukan dan pemasangan dinding penahan tanah sepanjang 1,4 km. Hingga kini, pengerjaannya terus dikebut dan ditargetkan rampung pada 2023.

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Sumsel, Herwan mengungkapkan pelaksanaan fisik Danau OPI Jakabaring Palembang telah dimulai sejak Agustus 2022. Danau yang sebelumnya hanya seluas 6 hektare diperluas menjadi 9 hektare dengan harapan dapat lebih memaksimalkan daya tampung. Dengan kedalaman 5 meter, Danau OPI akan dapat menampung sekitar 450.000 m3 debit air.

“Pada saat curah hujan tinggi danau bisa menampung dengan lebih banyak, setelah kondisi cuaca normal air akan dialirkan melalui akses saluran ke Sungai Musi,” ujar Herwan saat dikonfirmasi, Rabu 7 Desember 2022.

Herwan mengatakan, dengan daya tampung yang lebih besar, Danau OPI diharapkan dapat mengurangi genangan air yang terjadi di sekitar kawasan Jakabaring saat curah hujan tinggi. Revitalisasi ini merupakan upaya Pemerintah Provinsi Sumsel sebagai upaya untuk pengendalian banjir di Palembang.

BACA JUGA:Parkir di Danau OPI, Buruh ini Kehilangan Motor

"Data dari Dinas PUPR Kota Palembang, ada 12 titik genangan air yang terjadi saat hujan dengan curah hujan tinggi. Sebagian besar semuanya terjadi di daerah cekungan," jelasnya. 

Untuk mengoptimalkan pengendalian banjir, Dinas PSDA Sumsel juga akan menempatkan rumah pompa dengan kapasitas 3.000 m3 per detik. Penggunaan pompa dimaksudkan agar mempercepat waktu surut saat terjadi genangan.

“Kalau sebelumnya butuh tiga sampai lima jam untuk menunggu air surut dengan pompa kami harapkan dalam waktu setengah jam sudah bisa surut,” harapnya.

Selain itu, tak hanya sebagai sarana pengendalian banjir, revitalisasi Danau OPI diakui Herwan, sekaligus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan alternatif fasilitas ruang publik perkotaan. Pada areal sekitar danau juga akan dibangun sarana olahraga, edukasi dan pusat perekonomian UMKM.

Lebih dari itu, Danau OPI Jakabaring akan dilengkapi juga dengan ruang terbuka hijau, rumah pintar, musala dan foodcourt. Termasuk toiliet juga akan dibangun di beberapa titik mengingat areanya yang cukup luas.

BACA JUGA:Revitalisasi Danau OPI Ganggu Kenyamanan Warga

"Nanti akan kita perindah guna kenyamanan masyarakat Palembang yang berkunjung ke sana," kata Herwan.

Lanjut Herwan, revitalisasi danau OPI Jakabaring dibangun dengan skema multiyears melalui dana APBD Provinsi Sumsel. Tahap pertama di tahun 2022, dialokasikan dana sebesar Rp18 miliar. Sementara, untuk tahap kedua pada tahun 2023 dialokasikan dana sebesar Rp9 miliar.

Herwan menambahkan kontribusi dari pihak ke tiga terutama dari dana CSR BUMN dan BUMD sangat diharapkan. Mengingat, itu semua untuk kepentingan publik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: