Mantap, UKW Gelaran Pemprov Sumsel-PWI Sumatera Selatan Capai Hasil Tertinggi

Mantap, UKW Gelaran Pemprov Sumsel-PWI Sumatera Selatan Capai Hasil Tertinggi

Foto : Tejo/Sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 17 wartawan dari 18 wartawan yang ikut Uji Kompentensi Wartawan (UKW) PWI Sumsel dinyatakan kompeten. 

Ujian kompetensi ini diselenggarakan Biro Humas dan Protokol Sumsel bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel pada 4-5 Desember 2022 di hotel The Alts Palembang.

"Alhamdulillah, ini menjadi UKW pertama yang pesertanya kompeten 100 persen," kata Ketua PWI Sumsel Firdaus Komar saar penutupan, Senin sore 5 Desember 2022 di Hotel The Alts Palembang.

Satu peserta lanjut Firdaus, batal ikut lantaran sakit.

"Saya sangat mengapresiasi kepada penyelenggara kegiatan khususnya Biro Humas dan Protokol Pemprov Sumsel, PWI Sumsel dan Dewan Pers atas terselenggaranya acara ini dengan animo yang luar biasa dari para peserta. Kegiatan ini menghembuskan angin segar bagi kemajuan dunia jurnalistik di Sumatera Selatan," terang Staf Ahli Gubernur bidang pemerintahan, hukum dan politik, H Firmansyah.

BACA JUGA:Usai Mengantar Menantu ke Pasar Km 5 Palembang, Abdul Rahman Dibegal 4 Orang Berparang

Kita ketahui bersama, disrupsi telah dan sedang terjadi pada industri pers dan dunia jurnalistik. Keadaan ini merupakan akibat dari terjadinya migrasi besar-besaran penyebaran informasi melalui media dengan dengan platform digital.

Berkembangan budaya free online menempatkan karya jurnalistik sebagai milik bersama yang sangat mudah diakses. Disrupsi digital dibidang media atau jurnalistik ini, tentu menimbulkan tiga tantangan yakni munculnya jurnalisme instan, jurnalisme klikbait dan berita bohong atau hoaks.

Jurnalisme semacam itu, tentu harus dihindari para wartawan dan jurnalis karena tidak sesuai dengan tugas dan fungsi jurnalistik. Sebab itula, sangat dibutuhkan wartawan maupun jurnalis yang berkompeten.

Turut hadir Gubernur Sumatera Selatan dalam hal ini diwakili Staf Ahli Gubernur bidang pemerintahan, hukum dan politik, H Firmansyah, Karo Humas dan Protokol, Rika Efianti dalam hal ini diwakili Septriandi Setia Permana, Ketua PWI H Firdaus Komar, Ketua IJTI Sumsel, penguji UKJ dan UKW.(tj)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: