Gubernur Sumsel: Tugas Wartawan Berikan Informasi Valid Kepada Masyarakat

Gubernur Sumsel: Tugas Wartawan Berikan Informasi Valid Kepada Masyarakat

Gubernur HD bersama Ketua PWI Sumsel H Firdaus Komar (tiga dari kiri) dan pejabat lainnya usai membuka UKW-UKJ, Ahad 4 Desember 2022. foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Sebanyak 36 peserta masing-masing terdiri dari 18 orang UKJ dan UKW, mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ)-Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan literasi tentang pengaduan media kepada Dewan Pers tahun 2022, di Hotel The Alts Palembang, Ahad 4 Desember.

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengungkapkan, di era serba digital saat ini semua orang bisa menjadi jurnalis ataupun wartawan. Kendati demikian, profesi wartawan tak cukup dengan peralatan dan atribut yang digunakan untuk mewawancarai seseorang.

"Yang membedakan seorang wartawan yakni kompetensinya," kata Deru usai membuka UKJ-UKW.

Dikatakan Deru, tugas seorang wartawan memberikan informasi yang valid dan aktual kepada masyarakat, dengan informasi yang seimbang dan tidak berpihak kemana pun. Hal ini perlu adanya literasi di tengah masyarakat.

"Tugas wartawan menyiarkan dan menyebarkan informasi kepada masyarakat seadil-adilnya," tutur Deru.

BACA JUGA:Urusannya Bakal Panjang, Mas Bechi Divonis Jauh Lebih Ringan tapi Pendukungnya Tak Puas Malah Pukul Wartawan

Digelarnya UKJ-UKW ini sambung Deru, sangat membantu seorang wartawan untuk meningkatkan kompetensi. Tujuannya, dengan adanya kompetensi yang didapat, seorang wartawan dapat memberikan informasi yang tidak merugikan pihak manapun.

"Saya sangat apresiasi kegiatan ini, harapannya semoga informasi yang diberikan tetap positif dan tidak merugikan siapa pun," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: