Bahasa Palembang Dibukukan Dalam KBPI Digital, ini Cara Mengaksesnya

Bahasa Palembang Dibukukan Dalam KBPI Digital, ini Cara Mengaksesnya

Umar Solikhan (kanan) menunjukkan KBBI Bahasa Palembang. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO — Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meluncurkan kamus Bahasa Palembang-Indonesia KBPI Daring.

"Kamus Bahasa Palembang-Indonesia KBPI Daring memiliki 8.793 kosakata/lema dan sublema pada kamus buku dan dalam KBBI Daring," kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumsel, Umar Solikhan kepada SUMEKS.CO usai peluncuran Kamus Bahasa Palembang-Indonesia di Ballroom Fave Hotel, Rabu 30 November 2022.

Umar Solikhan menjelaskan, kamus Bahasa Palembang-Indonesia KBPI Daring dapat dibaca melalui fisik maupun secara daring.

“Kamus dapat diakses melalui KBPI daring dengan mencari di internet, websitenya ialah https://kamus-palembang.loko.co.id atau kamus cetak ada di Balai Bahasa Sumsel,” jelasnya.

Lanjut Umar, tujuan diluncurkan kamus Bahasa Palembang-Indonesia KBPI Daring untuk memberi akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat.

BACA JUGA:Balai Bahasa Sumsel Berikan Penghargaan, ini Daftar Pemenangnya

"Serta memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pengembangan kosakata bahasa Palembang," ucapnya.

Kendati demikian, Umar menyebutkan kamus tersebut telah melewati sejumlah fase hingga dapat diluncurkan pada tahun ini.

Kamus Bahasa Palembang-Indonesia KBPI Daring merupakan proyek pengembangan bahasa, sastra Indonesia dan daerah yang disusun oleh Linny Oktavianny (Ketua), Sri Indrawati, Tuty Kusmaini dan konsultan Amran Halim.

“Di tahun 2004 dilanjut penyusunan kamus Palembang-Indonesia dalam ajat I-Z dengan berbentuk laporan. Proyek tersebut diteruskan di tahun 2017 dan mengumpulkan 4.500 kosakata dan akhirnya di tahun 2022 tembus hingga 8.793 kosakata," tukasnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Palembang, M Yanurpan Yani turut mengapresiasi peluncuran kamus tersebut.

BACA JUGA:Sumsel Miliki Alquran Terjemahan Bahasa Palembang

"Kami Pemkot Palembang mengucapkan terima kasih dan turut apresiasi, senang rasanya kamus Palembang ini telah ada secara daring dan lengkap," tuturnya.

Lanjut Yanurpan, kamus Bahasa Palembang-Indonesia KBPI Daring memiliki banyak kosakata valid dan penjelasan secara rinci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: