5 Manfaat Minyak Cengkeh bagi Kesehatan

5 Manfaat Minyak Cengkeh bagi Kesehatan

Minyak cengkeh. Foto : istockphoto.com--

SUMEKS.CO - Cengkeh atau cengkih dapat disuling menjadi minyak. Manfaat minyak cengkeh mulai dari mengobati masalah kulit hingga perawatan rambut.

Cengkeh adalah rempah-rempah asli Indonesia yang sering dijumpai pada bumbu masak dan obat herbal. Selain dikeringkan atau ditumbuk halus, cengkeh dapat dibuat menjadi minyak yang memiliki banyak manfaat. 

Pada umumnya minyak cengkeh berwarna bening. Namun berdasarkan beberapa hasil penyaringan, minyak cengkeh dapat berwarna kuning pucat dengan aroma yang kuat dan pedas. 

Berikut khasiat minyak cengkeh yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan :

1. Mengatasi masalah kulit 

Minyak cengkeh bisa menjadi obat alami untuk  kulit kering. Mudah digunakan, oleskan minyak pada kulit kering lalu lap dengan kain bersih. 

BACA JUGA:Panas Menuju Grand Final DA 5, Mampukah Sridevi Prabumulih Lolos

Minyak ini juga banyak terdapat pada produk perawatan kulit untuk mengurangi bekas luka, mengatasi kantung mata dan mengurangi bengkak pada kulit. 

2. Mengatasi sakit perut

Ternyata, minyak cengkeh efektif meredakan sakit perut. Minyak ini mengandung  eugenol yang dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan. 

Selain itu, minyak cengkeh dapat digunakan untuk mengobati perut kembung, cegukan, dan mabuk perjalanan. Jangan ditelan mentah-mentah, ya. Sebaiknya tambahkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam air rebusan, aduk hingga tercampur, lalu minum.

3. Meningkatkan sirkulasi darah 

Minyak cengkeh sering digunakan sebagai bahan utama pembuatan balsem. Karena cengkeh mengandung bahan aktif yang membantu memperlancar peredaran darah dan mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

BACA JUGA:Lift di Tower Jembatan Ampera Sudah Ada Sejak Awal Berdiri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: