Lift di Tower Jembatan Ampera Sudah Ada Sejak Awal Berdiri

Lift di Tower Jembatan Ampera Sudah Ada Sejak Awal Berdiri

Pekerja memasang lift di tower Jembatan Ampera. foto: dok sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pemasangan lift di tower Jembatan Ampera saat ini In Progress. Ya, setelah banyak terjadi perdebatan di kalangan publik, kini pemasangan lift sedang dalam pengerjaan dan ditargetkan rampung pertengahan Desember.

Satker PJN 3 PPK 3.6 Jembatan Khusus BBPJN Wilayah Sumsel Dicky Romansyah mengungkapkan, satu lift sudah datang pada 16 November dan mulai dipasang pada 18 November dan saat ini sedang berlangsung pengerjaan instalasi.

"Ya, liftnya sudah tiba beberapa hari lalu dan saat ini dalam proses pemasangan," kata Dicky Romansyah saat dihubungi, Selasa 29 November 2022.

Dijelaskan Dicky, proses selesai pengerjaan dibutuhkan setidaknya satu bulan. Kemungkinan, estimasi pemasangannya rampung pada 15 Desember mendatang dan akan dicoba di akhir Desember. Sedangkan, untuk lift satunya akan dipasang tahun depan. Selain dilakukan pemasangan lift, juga dilakukan pengelasan untuk penguatan struktur jembatan, dan dipasang interior lainnya. 

"Target kita di akhir tahun ini sudah rampung semua," terangnya.

BACA JUGA:Pro Kontra Lift di Tower Jembatan Ampera Tunjukkan Kurangnya Koordinasi

Lebih lanjut Dicky menjelaskan, sejak 1960 Jembatan Ampera ini sudah ada lift. Namun, lift sebelumnya menggunakan model lama yang bobotnya mencapai empat ton. Sedangkan, yang dipasang sekarang bobotnya hanya tiga ton.

"Sebelumnya lift di Jembatan Ampera ini sudah ada," katanya.

Lanjutnya, untuk kapasitas di dalam lift bisa 3-4 orang. Untuk sampai ke puncak Jembatan Ampera dengan ketinggian 50 meter, membutuhkan estimasi kurang lebih satu menit. Setelah sampai di atas menggunakan lift, nantinya pengunjung masih harus menaiki beberapa anak tangga.

"Kapasitas lift bisa mengangkut 3-4 orang dewasa," tuturnya.

Terpisah, H Permana, Pengamat Kebijakan Publik mengatakan, jika memang sudah terpasang maka diperlukan keseriusan dari pemerintah. Baik dari provinsi maupun kota harus menyatukan suara dengan pihak terkait lainnya mengenai pemasangan lift ini.

BACA JUGA:Melanggar UU Cagar Budaya, Proyek Lift Jembatan Ampera Bisa Disetop

"Harus satu suara dulu karena kita lihat banyak yang belum sependapat," kata Permana saat dihubungi SUMEKS.CO, Rabu 30 November 2022.

Jika persyaratan semuanya sudah terpenuhi, sambung Permana, maka ini dapat berjalan sebagaimana mestinya yang diinginkan. Selain itu, Permana juga menegaskan bahwa sudah kewajiban DPRD provinsi maupun kota hendaknya duduk bersama untuk menyelesaikan persoalan ini agar tidak terjadi polemik berkepanjangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: