Delapan Pahlawan yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Kota Palembang

Delapan Pahlawan yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Jalan di Kota Palembang

Papan nama Jl Jendral Sudirman, Kota Palembang.-dheny wahyudi-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pahlawan merupakan orang yang hebat dan memiliki andil besar terhadap Kemerdekaan Indonesia. Pernah berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa. 

Namanya terus harum hingga kini. Sebagai penghargaan agar terus dikenang, nama-nama pahlawan dijadikan nama jalan, seperti di Kota Palembang

Berikut delapan pahlawan yang namanya dijadikan nama jalan di Kota Palembang : 

Jl Jenderal Sudirman 

Jendral Sudirman merupakan Panglima Besar Tentara Nasional yang pertama. Perjuangaannya tidak surut meski dalam kondisi sakit keras.

Namanya sering digunakan sebagai nama jalan utama di sejumlah kota di Indonesia. 

BACA JUGA:Wawako Palembang Tawarkan Relokasi Pedagang Pasar Cinde yang Terbakar

Kota-kota yang menggunakan nama Jenderal Sudirman sebagai nama jalan, antara lain Jakarta, Bandung, Semarang, Medan, Surabaya, Yogyakarta, Palembang dan beberapa kota lainnya.


Jl Diponegoro, Kota Palembang.--dok : sumeks.co

Jl Diponegoro 

Diponegoro adalah salah seorang pahlawan nasional Republik Indonesia, yang memimpin Perang Diponegoro atau Perang Jawa, selama periode tahun 1825 hingga 1830 melawan pemerintah Hindia Belanda.

Sejarah mencatat, Perang Diponegoro atau Perang Jawa dikenal sebagai perang yang menelan korban terbanyak dalam sejarah Indonesia, yakni 8.000 korban serdadu Hindia Belanda, 7.000 pribumi, dan 200 ribu orang Jawa serta kerugian materi 25 juta Gulden.

Diponegoro lahir di Yogyakarta pada 11 November 1785 dari ibu yang merupakan seorang selir (garwa ampeyan), R A Mangkarawati, dari Pacitan dan ayahnya bernama Gusti Raden Mas Suraja, yang di kemudian hari naik takhta bergelar Hamengkubuwana III.

Pangeran Diponegoro sewaktu dilahirkan bernama Bendara Raden Mas Mustahar, kemudian diubah menjadi Bendara Raden Mas Antawirya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: