Berharap Bantuan Modal, Pedagang Pasar Cinde Mengais Barang di Reruntuhan Kios

Berharap Bantuan Modal, Pedagang Pasar Cinde Mengais Barang di Reruntuhan Kios

Samsul Bahri mencari barang dagangannya yang masih bisa diselamatkan di reruntuhan kios Pasar Cinde Palembang, Senin 28 November 2022. foto: fadli sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Puluhan lapak dan kios pedagang di Pasar Cinde Jl Jenderal Sudirman, Kecamatan Bukit Kecil, Palembang, ludes diamuk si jago merah pada Ahad 27 November 2022 pukul 22.30 WIB tadi malam.

Pascamusibah kebakaran, Senin 28 November 2022, terpantau sejumlah pedagang pemilik kios dan lapak Pasar Cinde tampak sibuk membersihkan dan mengais sisa-sisa barang dagangan yang tidak ikut terbakar.

Sementara, sejumlah warga lainnya yang melintas di kawasan tersebut hanya sekadar menengok, melihat serta mengabadikan momen bagaimana amukan api yang membakar kurang lebih 40-an kios dan lapak Pasar Cinde hanya menyisakan arang dan abu.

Terlihat Samsul Bahri (37), pemilik kios menjual pupuk dan herbisida yang ikut hangus terbakar, berjibaku sendirian mengais sisa barang dagangan yang masih bisa diselamatkan diantara puing-puing kebakaran.

BACA JUGA:Wako Palembang Upayakan Pedagang Pasar Cinde Tempati Kios yang Terbakar

"Saya baru mengetahui kios saya ikut terbakar baru tadi pagi pak, saya sebelumnya tidak tahu kalau tadi malam ada musibah kebakaran ini," kata Samsul Bahri.

Dengan wajah penuh keringat, dia mengaku hampir sebagian besar dagangan miliknya baik berupa pupuk, bibit tanaman, herbisida serta alat untuk pertanian dan perkebunan ludes hampir tidak bersisa.

Usaha yang dia rintis kurang lebih hampir 10 tahunan tersebut, hanya menyisakan beberapa botol dan beberapa karung pupuk saja, sisanya hangus terbakar menghitam.

Menurutnya, dari musibah kebakaran tersebut jika dihitung dengan materi, mengalami kerugian kurang lebih hampir Rp30 jutaan.

Senada juga dialami seorang pedagang kue basah dan kerupuk di Pasar Cinde, yang tidak ingin disebutkan namanya mengaku, satu pun barang dagangannya tidak ada yang dapat diselamatkan.

BACA JUGA:Pasar Cinde Palembang Terbakar, Kombes Pol Ngajib: Ada 103 Lapak yang Hangus

"Kami tidak tahu selanjutnya mesti bagaimana, semua barang dagangan sudah habis terbakar tanpa sisa, bagaimana lagi kami mau jualan," ujarnya sembari menunjuk salah satu kiosnya yang terbakar.

Dia berharap adanya bantuan dan solusi terbaik dari pihak pemerintah atau pihak terkait, terutama untuk para pedagang yang menjadi korban dalam musibah kebakaran tersebut.

Diberitakan sebelumnya, Pasar Cinde Palembang yang berada di Jl Jenderal Sudirman, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, Minggu 27 November 2022 sekitar pukul 22.30 WIB terbakar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: