Asa Dua Guru Berbagi Ilmu untuk Suku Anak Dalam Sungai Badak Musi Banyuasin

Asa Dua Guru Berbagi Ilmu untuk Suku Anak Dalam Sungai Badak Musi Banyuasin

--

Ia mengaku keluar dari zona nyaman sebagai guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang lokasinya dekat dari rumahnya.

Lokasi Sekolah Filial Pagar Desa yang jauh di tengah hutan dengan akses jalan yang sangat sulit dilalui, buat Dea, tidak menjadi masalah. ‘’Ada anak-anak yang menunggu kami, itu yang memberi kami semangat yang tinggi,’’ ujar dia.

BACA JUGA:Timbun BBM Subsidi Ferianto Digelandang Polisi

Di sisi lain, latar belakang anak-anak SAD yang sebagian besar belum pernah mengenyam bangku sekolah menjadi pekerjaan rumah yang tak mudah. Rika berbagi cerita bahwa anak-anak SAD bahkan belum mengenal huruf maupun angka. “Sementara usia mereka beberapa cukup besar sudah hampir memenuhi syarat menjadi anak SMP,’’ kata Rika.

Panggilan Hati

Melihat anak-anak SAD yang banyak belum mengenal sekolah, Rika yang memiliki dua anak mengaku sangat prihatin. Rika mengatakan bahwa mereka juga bagian dari anak-anak Indonesia yang berhak mengenyam pendidikan.’’Saya ingin melihat mereka hidup lebih maju, salah satu jalannya melalui pendidikan,” kata Rika.

Mungkin harapan Rika tak terlalu muluk, Ibu dua anak ini ingin melihat anak-anak SAD mengenal angka dan huruf meski ia menyadari tak mudah untuk mengajari mereka. Rika menyebutkan bahwa mengajari anak-anak SAD dengan usia yang beragam harus penuh dengan kesabaran.

“Saya dan Dea memulai pengajaran dari nol dan diulang-ulang terus. Membutuhkan waktu cukup lama bagi anak-anak untuk mulai mengingat urutan abjad dan angka,” selorohnya.

BACA JUGA:Timbun BBM Subsidi Ferianto Digelandang Polisi

Kunci untuk mengajari SAD, menurut Rika, tidak hanya sabar tapi juga ikhlas. “Tak mudah, tapi saya dan juga Bu Dea yakin bahwa mereka pada akhirnya akan paham dan bisa,” kata dia. 

MBJ Peduli Pendidikan

SD Filial Pagar Desa didirikan oleh PT Marga Bara jaya sebagai salah satu wujud untuk merealisasikan program #MBJBerdayakanSAD dan #MBJPeduliPendidikan. Aktif beroperasi sejak Juli 2022, Sekolah Filial yang merupakan sekolah jauh dari SDN 01 Pagar Desa ini sudah memiliki 16 orang siswa, 12 siswa kelas 1 dan 4 siswa kelas 5.

Selain mendirikan bangunan sekolah, PT MBJ juga mendukung untuk ketersediaan guru yang dipilih oleh SDN 01 Pagar Desa dan juga memberi bantuan kompensasi bagi para guru. Agar anak-anak SAD semangat belajar, PT MBJ juga turut memberikan seragam sekolah, sepatu dan tas serta peralatan tulis. 

Sementara itu, untuk menumbuhkan semangat baca, SD Filial ini juga telah diperlengkapi dengan hadirnya Pojok Baca. Melalui gerakan ini, PT Marga Bara Jaya (MBJ) berharap bisa membantu mendukung pendidikan anak bangsa di daerah terpencil, terdalam dan terisolir.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: