Muara Enim Siap Bangun Sirkuit Standar Nasional

Muara Enim Siap Bangun Sirkuit Standar Nasional

BALAP : Tampak para pembalap adu kemampuan untuk merebut kejuaraan road race bupati cup.--

MUARA ENIM, SUMEKS.CO - Pemerintah Kabupaten Muara Enim siap membangun sirkuit balap bertaraf nasional yang akan dibangun 2024. Wacana pembangunan sirkuit balap tersebut disampaikan Pj Sekda Muara Enim H Riswandar SH MH saat pembukaan Road Race Bupati Cup di sirkuit non permanen Gor Pancasila, Minggu 27 November 2022. 

“Pemerintah Kabupaten Muara Enim berencana membangun sirkuit balap motor yang pada 2024 mendatang sudah bisa digunakan. Untuk itu, silahkan dari IMi, Koni dan unsur terkait melakukan survey atau studi banding ke sirkuit berstandar nasional dan internasional sebagai acuan,” ujar Riswandar.

Lanjutnya, dalam pembangunannya nanti pemkab Muara Enim akan menggandeng perusahaan besar yang ada di Muara Enim untuk turut serta.

“Ya kita punya perusahaan besar seperti PT Bukit Asam, tentunya dengan kemampuan dana yang dimiliki bukan mustahil muara enim akan memiliki sirkuit,” terangnya. 

BACA JUGA:Event Jalan Sehat dan Sepeda Santai HUT Guru Beri Dampak Baik ke Pedagang Kecil

Berkaitan dengan road race Bupati Cup merupakan salah satu rangkaian peringatan HUT Kabupaten Muara Enim. “Event balap motor ini merupakan dahaga sejak 4 tahun terakhir baru dilaksanakan kembali, tentu saja ini hal baik dan bisa menjaring atlet balap asli kabupaten Muara Enim,” bebernya. 

Ketua Korwil Ikatan Motor Indonesia (IMI) Muara Enim, Tabilly Doni mengatakan ada 250 starter yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Sumsel, Jambi Lampung dan Bengkulu.”"Ada sembilan kelas utama dan enam kelas tambahan dengan panjang lintasan 800 meter,” tuturnya. 

Menurutnya, Muara Enim memiliki potensi di bidang balap motor, dimana pembalap asal Muara Enim selalu meraih podium di porprov mauoun even lainnya. “Tanpa sirkuit saja kita bisa juara. Apalagi kalau ada tentu prestasi akan lebih baik lagi,” ungkapnya. 

Oleh karena itu, dirinya berharap Muara Enim memiliki sirkuit permanen minimal bertaraf nasional. “Karena kita kesulitan untuk latihan dan tempat untuk menyalurkan bakat dan minat, jangan sampai mengarah ke balap liar karena berbahaya.

BACA JUGA:Bangun Zona Integritas menuju WBBM, ini yang dilakukan Kanwil Kemenkumham Sumsel

Karena Muara Enim melahirkan atlet balap sebangat banyak. namun venue sirkit balapnya tidak oleh karena itu saya mendukung penuh wacana Pemkab Muara Enim akan membangun sirkuit balap,” terangnya. 

Sementara itu, Ketua Koni Kabupaten Muara Enim M Chandra, mengatakan pemerintah sudah menyiapkan wacana untuk membangun sirkuit dimana ada beberapa opsi lahan. “Seperti di Islamic Center dan taman hutan rakyat Kalamudin. Adanya sirkuit ini selain bisa menjaring atlet juga bisa menaikkan UMKM karena perekonomian akan berkembang dan pariwisata dan hotel-hotel akan ramai, apabila ada event,” harapnya. 

Untuk event, akan diusahakan minimal ada tiga event dalam setahun karena akan mempersiapkan beberapa even besar di tingkat provinsi dan nasional. “Semakin banyak semakin bagus, kita ini punya potensi di bidang ini (Balap, red),” pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: