Masyarakat Perlu Tahu, Ini Penyebab Polio dan Cara Mengatasinya

Masyarakat Perlu Tahu, Ini Penyebab Polio dan Cara Mengatasinya

Imunisasi polio.-Foto: dokumen/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Trisnawarman, mengimbau masyarakat mengambil langkah cepat untuk mengenali gejala penyakit Polio.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganalisis ada 30 provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori high risk atau berisiko tinggi penyebaran virus polio.

Kendati, WHO menganalisa ada 4 provinsi di Indonesia yang berstatus minim high risk penyebaran polio. Keempat provinsi itu yakni Sumatera Selatan, Banten, Bali dan DI Yogyakarta.

Trisnawarman, menjelaskan gejala dan faktor timbulnya penyebaran dan penularan penyakit Polio akibat kurangnya imunisasi dan kurang menjaga pola hidup sehat.

BACA JUGA:Sumsel Nihil Kasus Polio, Kadinkes Imbau Masyarakat Tetap Waspada

Berdasarkan penjelasan Trisnawarman, tim SUMEKS.CO telah merangkum penjelasan dan upaya guna mengantisipasi penyakit Polio.

1. Meningkatkan imunisasi rutin Oral Polio Vaccine (OPV) dan Inactivated Polio Vaccine (IPV) dan imunisasi lainnya pada anak.

2. Meningkatkan dan menjaga pola hidup bersih sehat dilingkungan sekitar, menjaga kecukupan gizi anak untuk membantu menguatkan imunitas anak.

3. Meningkatkan langkah preventif dan promotif. 

Penyebaran dan penularan Polio disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya.

1. Lingkungan yang tercemar oleh tinja melalui air dan tanah terutama di suhu dingin dan tidak ada paparan sinar matahari.

2. Buang Air Besar (BAB) sembarangan juga berperan dalam penyebaran penyakit polio.

3. Kurangnya penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti BAB ditempat terbuka seperti sungai, kebun, dan lainnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: