Boleh atau Tidak Saat Hamil Makan Kerang

Boleh atau Tidak Saat Hamil Makan Kerang

Foto : Pixabay.com--

SUMEKS.CO - Banyak ibu hamil yang harus membatasi keinginannya untuk makan kerang karena dianggap berbahaya bagi janin dalam kandungan. 

Ya,  harus diakui bahwa krustasea merupakan makanan bergizi dan memiliki cita rasa yang nikmat. Tapi bolehkah ibu hamil makan kerang, termasuk kerang hijau? Simak jawabannya berikut ini.

Bolehkah ibu hamil makan kerang?

Ya, kerang hijau termasuk aman  untuk ibu hamil jika sudah matang sempurna. Hal ini karena makanan laut  termasuk kerang hijau merupakan sumber nutrisi yang sangat baik dan dapat membantu mendukung perkembangan otak janin. 

Kalau makan kerang setengah matang, bolehkah ibu hamil melakukannya? 

Pastikan anda tidak makan makanan laut mentah atau setengah matang selama kehamilan. Menurut situs web poison Control,  kerang mentah dapat membawa bakteri dan parasit yang dapat menyebabkan infeksi yang mengancam jiwa  ibu hamil dan janin  dalam kandungan.

BACA JUGA:Pempek, Makanan Asli Palembang Bukan dari Cina

Sementara itu, toksoplasmosis merupakan penyakit yang menjadi perhatian ibu hamil. Penyakit ini disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. 

Kucing berperan penting dalam siklus hidup parasit ini, karena parasit ini menyebar di kotoran kucing. 

Namun tidak menutup kemungkinan bahwa air laut juga dapat mengandung toksoplasma yang berasal dari kotoran kucing, kemudian mencemari instalasi pengolahan air limbah dan mengalir ke laut melalui sistem sungai. 

Bahkan, beberapa jenis kerang, termasuk tiram dan kerang, dapat menyaring Toxoplasma gondii dari air laut.

Selain itu, infeksi yang disebabkan oleh bakteri Vibrio vulnificus juga menjadi perhatian ibu hamil. 

BACA JUGA:Bank Sumsel Babel Raih Gold Rank pada Asia Sustainability Reporting Rating 2022

Ini karena kerang mentah dapat mengandung bakteri dan patogen seperti Vibrio vulnificus, sejenis bakteri yang biasa ditemukan di air asin. 

Sumber: