Peringati HKN, ini Harapan Wawako Palembang

Peringati HKN, ini Harapan Wawako Palembang

Fitrianti Agustinda. Foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda berharap pelayanan kesehatan masyarakat agar dipermudah.

"HKN ke 58 ini saya harap masyarakat yang hendak mendapatkan pelayanan kesehatan agar dipermudah, yaitu dengan cukup menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)," kata Fitrianti Agustinda ketika menyamaikan kata sambutan HKN ke-58, di Kambang Iwak depan Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Senin 21 November 2022.

Fitrianti Agustinda menjelaskan, ada beberapa masalah yang ditemukan, seperti masyarakat kurang mampu yang bertempat tinggal di lokasi berdekatan dengan rumah sakit, namun sangat disayangkan harus melakukan rujukan berjenjang terlebih dahulu.

"Maka dari itu saya mengharapkan kepada instansi terkait agar bisa dikaji ulang kembali terhadap rujukan berjenjang tersebut yang menjadi persoalan, jangan dipersulit harus diberikanlah kemudahan kepada warga saya, masyarakat Kota Palembang," jelasnya.

Lanjut Fitrianti Agustinda, transisi pandemi ke endemi tidak boleh lengah, seluruh komponen bangsa, masyarakat, organisasi, kemasyarakatan, dan swasta berperan dalam upaya menjaga kesehatan.

"Dengan memprioritaskan promotif preventif dan semakin menggalakkan perilaku hidup bersih dan sehat," ucapnya.

Masih Fitrianti Agustinda, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Pelaku Usaha, Organisasi Kemasyarakatan, Akademisi dan Praktisi turut ambil bagian dalam peringatan HKN untuk mendukung pembangunan kesehatan.

"Dengan mengangkat tema “Bangkit IndonesiaKu Sehat NegeriKu” membuka peluang bagi seluruh lapisan masyarakat memasuki masa transisi," ungkapnya.

Hal tersebut, menurut Fitrianti Agustinda merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan setelah fokus pada penanganan pandemi Covid-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Pandemi Covid-19 telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang di dunia yang aman. 

Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif, dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan," tuturnya.

Kendati demikian, Fitrianti Agustinda menyebutkan, oleh karena itu Kementerian Kesehatan menyusun langkah kongkrit dengan melakukan transformasi sistem kesehatan yang fokus pada 6 pilar yaitu Layanan primer, Layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, sistem pembiayaan kesehatan, SDM Kesehatan teknologi kesehatan.

"Ya semoga peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 ini menjadi awal pulihnya berbagai sektor di masyarakat sehingga Indonesia bisa kembali sehat dan kembali tumbuh. Saya berharap rangkaian kegiatan dalam Peringatan HKN berfokus dengan hidup bersih dan sehat, membuat generasi kita ke dpan menjadi SDM yang berkualitas untuk daerah dan bangsa negara," tambahnya.

Selain itu, Fitrianti Agustinda tetap mengimbau agar menjaga protokol kesehatan meskipun kondisi sudah melandai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: