Dukung BKSS, BI Sumsel Libatkan 20 UMKM Pempek Binaan

Dukung BKSS, BI Sumsel Libatkan 20 UMKM Pempek Binaan

Kepala BI Sumsel, Erwin Soeriadimadja dan jajaran bersama pegiat UMKM Sumsel.-Foto: Edy Handoko/sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) libatkan 20 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pempek binaan dalam rangkaian kegiatan Harvesting Beli Kreatif Sumatera Selatan (BKSS) 2022 di PTC Palembang, Sabtu, 19 November 2022.

Kepala BI Sumsel, Erwin Soeriadimadja mengungkapkan, BI mendukung penuh pengembangan UMKM di seluruh wilayah Indonesia.

Melalui 3 langkah strategis yakni UMKM perlu terus didorong untuk bisa naik kelas, baik melalui penguatan kelembagaan, perluasan kemitraan, peningkatan kapasitas dan peningkatan akses pembiayaan.

"Dengan adanya BKSS 2022 ini, diharapkan mampu mendorong dan mengakselerasi kebangkitan UMKM," ungkap Erwin, Sabtu, 19 November 2022.

BACA JUGA:Hingga Pertengahan November 2022, Sudah 300 Pelanggar di Palembang Tertangkap ETLE Mobile

Selain itu, BI Sumsel juga mengakselerasi transformasi digitalisasi UMKM antara lain dengan pemanfaatan Quick Reponse Code Indonesian Standard (QRIS).

Terbukti sampai dengan akhir Oktober 2022, jumlah pengguna QRIS baru di Sumsel mencapai lebih dari 530 ribu pengguna, atau telah melebihi dari target yang dicanangkan.

"Kontribusi UMKM terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) mencapai 60,5 persen dengan kontribusi terhadap pencapaian tenaga kerja nasional mencapai 96,9 persen," bebernya.

BACA JUGA:Kampung Gelam, Surga Wisata Tersembunyi Disudut Kota Palembang

Di sisi lain, BI Sumsel menyelenggarakan berbagai kegiatan guna mendukung kegiatan BKSS. Di antaranya talkshow, pameran UMKM, layanan mobil kas keliling penukaran uang rupiah serta showcasing yang mengangkat berbagai topik terkait QRIS, Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, serta Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

"Pengembangan UMKM melalui inovasi dan sinergi perluasan akses pasar, dan akses keuangan harus digencarkan," tukasnya.

Lebih lanjut Erwin berharap dengan sinergi dan kolaborasi ini diharapkan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM. Serta berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Sumsel.

"Tujuan utama kita berusaha untuk membangkitkan ekonomi di Sumsel," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: