Kampung Gelam, Surga Wisata Tersembunyi Disudut Kota Palembang

Kampung Gelam, Surga Wisata Tersembunyi Disudut Kota Palembang

Kampung gelam destinasi wisata di sudut Kota Palembang.-Foto: Fadly/Sumeks.co-

PALEMBANG, SUMEKS.CO,- Selain dikenal dengan kawasan industri pengolahan karet, Kampung Pulokerto Kecamatan Gandus Kota Palembang rupanya menyimpan sejumlah destinasi wisata alam, salah satunya bernama Kampung Gelam.

Kampung Gelam adalah salah satu objek wisata keluarga yang berada di Jalan Pupui Jaya (Talang Pupui) Kecamatan Gandus Kota Palembang ini layaknya surga tersembunyi dikarenakan alamnya masih sangat asri, sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai dan melepas penat.

Untuk mencapai lokasi Kampung Gelam tidak terlalu sulit, hanya berjarak kurang lebih 45 menit dari pusat kota Palembang, bisa dilalui  menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua ataupun kendaraan roda empat.

Meski akses menuju Kampung Gelam belum dilalui angkutan umum, namun sepanjang jalan menuju Kampung Gelam sebagian besar telah di aspal, anda cukup menelusuri jalan dari bawah Jembatan Musi II arah kantor Kecamatan Gandus lalu ke arah TPU Gandus.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Hotel Bintang 4 dan 5 di Palembang

Sebelum menuju Kampung Gelam, sepanjang jalan anda akan disuguhi pemandangan kebun karet pada sisi kiri dan kanan jalan, yang tentunya sangat memanjakan mata serasa berpetualang membelah hutan tropis.

Setibanya di Kampung Gelam, selain menyuguhkan pemandangan alam ribuan pohon gelam, juga disuguhkan dua pemandangan alam danau kecil air rawa, semak belukar bahkan tumbuhan endemik lainnya.

Kampung Gelam mengusung konsep wisata alam terbatas atau private ground, yang berarti bagi pengunjung wajib untuk reservasi terlebih dahulu sebelum datang.

Hal itu, menurut penjaga Kampung Gelam dilakukan agar keasrian alam dari Kampung Gelam tetap terjaga dengan baik.

BACA JUGA:Kampung Air, Tempat Wisata Alam Instagramable di Palembang

"Kami memang batasi pengunjung, agar keasrian tempat ini bisa terus terjaga," kata salah satu penjaga Kampung Gelam yang tidak ingin disebutkan namanya dibincangi SUMEKS.CO.

Dikatakannya, setelah reservasi pengunjung bisa langsung menjajal semua fasilitas dimulai dari pukul 12 siang hingga pukul 5 sore, dan biasanya pada hari Sabtu dan Minggu Kampung Gelam selalu di reservasi.

"Rata-rata pengunjungnya yang berkunjung ke Kampung Gelam inj kebanyakan dari kalangan mahasiswa, dan yang membawa keluarga," ungkapnya.

Dibeberkannya, dengan cukup membayar tiket Camping perorangan Rp30 ribu untuk hari biasa, dan Rp40 ribu pada akhir pekan anda bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh Kampung Gelam, diantaranya bermain perahu di danau rawa, Gazebo, serta spot unik yang Instagramable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: