Tahanan Wanita Kontraksi, Dokter Polrestabes Palembang Bantu Persalinan

Tahanan Wanita Kontraksi, Dokter Polrestabes Palembang Bantu Persalinan

Dr Launa memegang bayi tahanan perempuan yang hamil besar. Foto: istimewa--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Personel Siddokkes Polrestabes Palembang diketuai  Dr Launa R Munazat membantu melakukan persalinan terhadap seorang tahanan wanita di Polrestabes Palembang yang hendak melahirkan anak, Jumat 18 November 2022. 

Wanita berinsial LM, statusnya tahanan titipan Kejaksaan ini karena telah terjadi kontraksi dan tidak bisa menahan kelahiran anaknya langsung dibawa menuju ke rumah sakit dengan menggunakan mobil ambulansPolrestabes Palembang. 

Namun diperjalanan dalam mobil dengan bantuan dr Launa R Munazat akhirnya LM melahirkan bayi jenis kelamin perempuan dengan sehat. 

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Mokhamad Ngajib melalui Kepala Dokkes Polrestabes Palembang Dr Launa R Munazat membenarkan dirinya bersama personel Sidokkes Polrestabes Palembang membantu tahanan lahiran didalam mobil ambulans Polrestabes Palembang.

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Penggelapan Rp 1,5 Miliar Dibebaskan Hakim dari Tahanan Polda Sumsel

"Awalnya jam 10.00 WIB kita mendapatkan laporan bahwa ada tahanan wanita yang sedang hamil besar mengalami kontraksi, lalu kita menuju ke sana untuk memeriksa pembukaan berapa dan apakah kepala bayi sudah muncul," kata Launa di ruang kerjanya, Jumat 18 November 2022. 

Lanjut Launa, selain itu dirinya juga langsung melakukan VT (pemeriksaan) dalam untuk melihat pembukaan persalinan. Diketahui diraba pembukaan ke 3-4 dan ibu ini akan melahirkan anak yang ke 5 serta dilihat dari riwayat nya kemungkinan tidak lama lagi akan melahirkan. 

Melihat tanda-tanda tersebut, sang ibu langsung dibawa ke RS Bari Palembang dengan menggunakan mobil ambulans Polrestabes Palembang.

"Namun ditengah jalan ibu ini tidak dapat menahan lagi untuk melahirkan, dan dengan peralatan seadanya dan untuk mempertimbangkan keselamatan bayi di dalam kandungan, kami lakukan persalinan di dalam mobil ambulans," ujar Launa. 

BACA JUGA:Terdakwa Kasus Penggelapan Rp 1,5 Miliar Dibebaskan Hakim dari Tahanan Polda Sumsel

Masih dikatakan Launa, bahwa setelah berhasil membantu persalinan dan bayi tersebut telah lahir dengan selamat. 

"Sesampai di RS Bari Palembang langsung diberikan penanganan lebih lanjut untuk bayi dan ibunya, bayi tersebut terpantau sehat dan menangis kuat dengan jenis kelamin wanita dan berat 3,6 kilogram," ungkap Launa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: