Pertikaranas IV di Palembang Siap Digelar, Persiapan Sudah 90 Persen

 Pertikaranas IV di Palembang Siap Digelar, Persiapan Sudah 90 Persen

Riza Pahlevi.--dok:sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO – Persiapan pelaksanaan Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Nasional (Pertikaranas) IV tahun 2022, di Kota Palembang, sudah 90 persen. 

Pertikaranas IV bakal diselenggarakan di Bumi Perkemahan Pramuka Gandus, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Sumatera Selatan, pada 13-18 November 2022.

"Persiapan telah Kita lakukan tinggal menunggu hari H-nya saja," ujar ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumsel Riza Fahlevi, saat dikonfirmasi, Rabu 9 November 2022.

Riza menuturkan sebanyak 3.000 peserta bakal mengahadiri Pertikaranas IV di Palembang. 

BACA JUGA:Palembang Tuan Rumah Pertikara 2022, Diikuti Ribuan Peserta

Dikonfirmasi terkait banyaknya masyarakat yang belum tahu apa Pertikaranas, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel ini mengungkapkan  Pertikaranas merupakan wadah pendidikan bagi anggota pramuka Saka Bhayangkara, untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.

Tentunya dengan semangat persatuan dan persaudaraan agar tercipta kader-kader bhayangkara yang patriot dan cinta tanah air. Selain itu, mampu menjadi pelopor keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya masing-masing.

Adapun yang akan dilaksanakan Pertikaranas ada 8 jenis kegiatan. Yakni, Kegiatan Umum, Kegiatan Khusus, Kegiatan Bakti, Pendalaman Krida, Kegiatan Wisata, Wawasan, Keterampilan Kepramukaan, dan Festival.

Kegiatan Umum yang dilaksanakan diantaranya, Upacara Pembukaan, Upacara Penutupan, Upacara Adat Bhineka Tunggal Ika, Apel Rutin, Ibadah, Olahraga, Anjangsana, Pentas Seni dan Budaya.

BACA JUGA:Fasilitas Bumi Perkemahan Gandus Palembang, Ada Kamar Khusus Tamu VIP

Kegiatan Khusus, Jumpa Tokoh, Welcome Party, Lokakarya, dan Rapat bersama Pimpinan Kontingen. Kemudian, Kegiatan Bakti yakni, Pembangunan Tugu Pertikaranas 2022.

Renovasi Rumah Tidak Layak Huni, Rehabilitasi Tempat Ibadah, Pembuatan Taman Pramuka, Pembuatan Siring Air Warga, Pembuatan Plang Nama Jalan, Pengecoran Jalan Setapak Warga

Penanaman Pohon, Pembangunan Poskamling, Penebaran Bibit Ikan, Normalisasi Sungai.

Selain itu, Pengobatan Gratis, Vaksinasi Gratis, dan Penyuluhan PHBS, Penyuluhan Bahaya Narkoba, HIV-AIDS, dan Seks Bebas, Sosialisasi Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19, Penyuluhan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: