Anda Terserang Batuk Bandel? Coba Obat Alami Berikut

Anda Terserang Batuk Bandel? Coba Obat Alami Berikut

Air jahe.--

SUMEKS.CO - Batuk menyerang tidak pandang bulu. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa dan lansia. Penyakit ini sering menyerang saat musim hujan. 

Batuk menyerang saat imunitas seseorang menurun. Ini disebabkan masuknya bakteri ke saluran pernapasan, dan lainnya. Beberapa obat yang dijual bebas di apotek memang bisa mengendalikan batuk Anda.

Bagi Anda yang mau mencoba obat batuk dari bahan alami, bisa mencoba resep berikut. Bahan alami itu ada di sekitar Anda. 

Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co.

1. Teh madu

BACA JUGA:Obat Batuk Produsen India Dilarang WHO, ini Namanya

Satu atau dua sendok teh madu bisa mengurangi produksi lendir. Selain itu, minuman herbal ini juga bermanfaat juga untuk membunuh kuman. Untuk mengobati batuk, bisa mencampurkan 2 sdt madu ke dalam air hangat ataupun teh herbal.

Anda bisa mengonsumsi teh madu 1-2 kali sehari.

2. Air jahe

Jahe merupakan bahan alami yang dipercaya bisa mengobati batuk kering ataupun asma karena di dalamnya terdapat kandungan antiinflamasi. Bahan alami ini juga berkhasiat untuk meredakan mual ataupun nyeri. Untuk mengobati batuk, kamu cukup mencampurkan 20-40 gr irisan jahe segar ke dalam air panas. Setelah itu, diamkan beberapa menit dan baru setelah itu air jahe bisa diminum.

3. Kunyit

BACA JUGA:Anda Batuk? Atasi dengan Makanan Berikut...

Tahukah Anda bahwa di dalam kunyit terdapat sebuah senyawa yang bernama curcumin. Ternyata di dalam ilmu kedokteran, curcumin ini dikenal sebagai antiradang yang khasiatnya sama kuat dengan obat yang dijual di pasaran.

Curcumin ini bekerja untuk melawan partikel asing yang bisa memicu infeksi pada saluran pernapasan. Maka dari itu, kunyit bisa dikonsumsi sebagai obat batuk yang alami, khususnya untuk gejala batuk kering.(genpi/jpnn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: