Besok, Festival Literasi 2022 Dimulai

Besok, Festival Literasi 2022 Dimulai

Festival Literasi Sumsel 2022--

SUMEKS.CO - Anak Bangsa merupakan aset yang sangat penting, hal ini terjadi karena pada diri anak bangsa terdapat bibit masa depan yang menentukan baik dan buruknya suatu wilayah atau negara. hadirnya ilmu pengetahuan sangat penting untuk membekali generasi anak bangsa agar tetap mampu berpikir positif sebab dengan ilmu pengetahuan mereka mampu mencetak perubahan-perubahan yang dapat memajukan bangsa dan negara. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus berupaya mencerdaskan anak bangsa melalui berbagai program pendidikan, salahsatunya budaya Literasi.

Dalam pengimplementasian budaya Literasi melalui gerakan aksi, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Perpustakaan menggelar Festival Literasi se- Sumsel Tahun 2022 yang berlangsung mulai tanggal 5 - 7 November 2022 bertempat di Dinning Hall Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI), Drs. M. Syarif Bando, M.M. hal ini disampaikannya beberapa waktu lalu melalui Endy Santoso, Sub Koordinator Substansi Analisis Perpustakaan Umum dan Khusus Perpusna RI. ia mengatakan salut dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel.

"Kami melihat Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) perlu didorong oleh kegiatan nyata, salahsatunya Festival Literasi Sumsel Tahun 2022," ungkapnya.

BACA JUGA:Perpustakaan Sumsel Terima Bantuan Ratusan Buku dari Dua Penerbit

"Karena dalam pelaksanaan Festival Literasi, kami melihat 6 literasi dasar terkandung semua didalamnya. mulai dari Literasi Baca Tulis; Literasi Numerasi; Literasi Sains; Literasi Digital; Literasi Finansial; dan Literasi Budaya dan Kewargaan," pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan Provinsi Sumsel, Fitriana, S.Sos, M.Si saat di konfirmasi disela-sela persiapan Festival Literasi Sumsel Tahun 2022 mengatakan persiapan telah rampung 90 persen, dan InsyaAllah akan segera selesai.

"Untuk persiapan, baik dari JSC maupun stand pameran dinas perpustakaan 17 kabupaten kota segera rampung ditambah 10 stand UMKN dibawah naungan ICSB, 2 stand dari penerbit dan 1 stan pojok baca dinas perpustakaan Provinsi," bebernya. 

Pada pelaksanaan festival literasi tahun ini, antusias peserta lomba yang ikut sangat tinggi. ini dapat dibuktikan pada saat pengumuman pendaftaran lomba, baru dua hari diumumkan kuota peserta sudah penuh, sedangkan yang ingin mendaftar masih banyak.

BACA JUGA:Dinas Perpustakaan Gelar Workshop Peningkatan Keterampilan Bapak Bunda dan Pegiat Literasi Se- Sumsel

"Ada beberapa lomba yang telah kita laksanakan dibulan Oktober kemarin, dan juga beberapa lomba telah diseleksi secara administrasi dan materi oleh tim juri. Sehingga nanti di dua hari pelaksanaan tinggal finalnya saja," ungkap Fitriana.

Untuk kegiatan Festival Literasi ini, tidak hanya lomba yang di gelar namun ada beberapa kegiatan lain juga yang diselenggarakan; Seperti Talkshow yang menampilkan penulis asal Sumsel kelahiran Kabupaten Lahat Bapak Darwin yang lebih akrab dikenal Tere Liye; Kemudian juga ada Talkshow bersama deputi bidang pengembangan sumber daya perpustakaan RI mewakili Kepala Perpusnas RI; Bedah buku bersama penulis muda Sumatera Selatan Rizky Turama; Donasi buku dari elemen masyarakat yang diterima dinas perpustakaan dan akan didistribusikan ke taman bacaan ataupun juga pojok baca dan masyarakat yang membutuhkan.

"Saat ini sudah ada tiga penerbit yang mendonasikan bukunya, untuk kegiatan di Festival Literasi ini," bener Fitriana.

"Selain kegiatan-kegiatan tadi, kita juga mengundang artis ibu kota, Kunto Aji untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semuanya gratis bagi masyarakat Sumsel yang ingin berkunjung di Festival Literasi Sumsel Tahun 2022," pungkasnya. (Adv/087)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: