Bukan Cuma Pempek, Ini 5 Makanan Khas Palembang Berbahan Dasar Ikan yang Juga Wajib Dicoba

Bukan Cuma Pempek, Ini 5 Makanan Khas Palembang Berbahan Dasar Ikan yang Juga Wajib Dicoba

--

SUMEKS.CO - Ya, pempek merupakan makanan khas Palembang yang sudah dikenal luas di seluruh nusantara. pempek atau empek-empek adalah makanan olahan daging ikan yang dihaluskan dan dicampur tepung sagu atau tepung kanji.

Selain Pempek , masih banyak makanan khas Palembang yang berbahan dasar olahan ikan dan wajib dicoba saat kulineran di Bumi Sriwijaya.

Berikut varian makanannya :

1. Tekwan

Untuk kamu yang gemar sekali dengan makanan Bakso, nah jika kamu di Palembang jangan sampai melewatkan makanan yang satu ini. Palembang memiliki bakso khas yang sering disebut tekwan oleh masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Wako Palembang-Delegasi Rakernas JKPI Ikuti Lari Pagi

Makanan ini memiliki penyajian seperti bakso, dengan bahan makanan berupa ikan diolah menjadi bakso ikan dan dihidangkan lengkap seperti bakso pada umumnya, seperti halnya mie putih, kuah bening dengan bumbu-bumbu yang khas memberikan sensasi makan bakso yang berbeda.

Makanan ini memang terbilang unik dan banyak sekali peminatnya. Pasalnya setiap orang menikmatinya  akan mendapatkan sensasi olahan daging ikan dengan berbagai macam rempah khas Palembang yang sangat menggoda selera.

2. Burgo 

Makanan khas Palembang yang berikutnya wajib kamu coba adalah Burgo. Makanan khas ini berbahan dasar tepung sagu dan tepung beras, yang diolah seperti dadar tipis dan digulung.

Sajian makanan ini seperti kwetiaw, di mana disajikan dengan irisan seperti mie pada kwetiaw namun makanan ini memiliki kuah. Kuah yang digunakan pun akan menambah nikmat makanan ini, dengan kuah santan yang berisikan rempah seperti ketumbar, kunyit, lengkuas, kemiri, dan bawang putih.

BACA JUGA:Anthony Ginting Sukses Tembus Perempat Final Hylo Open 2022 usai Singkirkan Rising Star Jepang Kodai Naraoka

Rasa makanan ini pun sangat gurih dan lezat. Untuk melengkapi makanan ini saat menyantapnya biasanya akan ditambahkan lauk seperti telor, daging ikan yang di suwir, sambal, dan bawang goreng.

3. Laksan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: