Rakor Forkopimda Se-Sumsel di Lubuklinggau, Sikapi Pemilu Serentak 2024

Rakor Forkopimda Se-Sumsel di Lubuklinggau, Sikapi Pemilu Serentak 2024

Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka sekaligus mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) di Lubuklinggau. Foto: Khalid/sumeks.co--

LUBUKLINGGAU, SUMEKS.CO - Gubernur Sumsel H Herman Deru membuka sekaligus mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Selatan (Sumsel), dan Forkopimda kabupaten/kota di Kota LUBUKLINGGAU.

Herman Deru mengatakan, Rakor Forkopimda di Lubuklinggau salah satunya adalah menyikapi bakal dilaksanakannya Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

"Kenapa kita lakukan sejak dini, karena untuk mengingatkan kita semua agar selalu waspada. Seperti diketahui bahwa Sumsel ini levelnya adalah zero konflik," kata Gubernur Sumsel H Herman Deru, usai Rokor di Ballroom Hotel Dewinda Lubuklinggau, Selasa (2/11). 

Menurutnya, Sumsel yang berstatus zero konflik, menjadi beban tersendiri bagi Sumsel untuk mempertahankannya. 

BACA JUGA:Petakan Potensi Indeks Kerawanan Pemilu Serentak 2024

"Konflik bisa terjadi karena persepsi berbagai hal, termasuk beda pilihan dalam politik. Sehingga kita harus menjaga stabilitas politik dan menjaga stabilitas ekonomi, serta stabilitas hukum bagi setiap wilayah yang ada di Sumsel," tutur Deru. 

Ia juga menyampaikan, mengenai ketahanan pangan bahwa Sumsel  adalah salah satu provinsi yang kelebihan stok pangan dibandingkan provinsi lain, bahkan diminta untuk mendistribusikan kepada provinsi yang membutuhkan.

"Dalam kesempatan ini, kita adakan penajaman-penajaman terkait program gerakan Sumsel Mandiri Pangan. Karena ini jurus yang sangat jitu yang telah dirasakan manfaatnya pada penilaian saat seluruh Bupati/Wako se-Indonesia dikumpulkan, Sumsel termasuk provinsi berhasil mengendalikan inflasi," jelas Deru. 

Dia berharap Forkopimda di kabupaten kota dapat menindak lanjuti, apa yang menjadi hasil rapat koordinasi besar ini.

BACA JUGA:Usai Launching, KPUD Jalankan Tahapan Pemilu Serentak 2024

Terkait Rakor yang berlansung di Kota Lubuklinggau, dijelaskan Deru, bahwa dalam proses pemulihan ekonomi ini, rapat besar seperti Rakor Forkopimda se-Sumsel diharapkan dapat membantu geliat ekonomi di daerah tempat dilaksanakannya acara. 

"Misalnya tingkat hunian hotel meningkat, aktivitas lain bergerak, wisatanya, kulinernya, kemudian berbagai UMKM dapat menggeliat," kata Deru. 

Sementara, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menyampaikan terima kasih telah ditunjuk sebagai tuan rumah rakor tingkat provinsi tersebut. "Rakor ini pertama kali dilaksanakan di luar Kota Palembang," kata wako.

Selain itu, Wako juga meminta kepada Gubernur, Pangdam, Kapolda, Kajati, Kepala PTN, Kepala PTA dan lainnya agar dapat melaksanakan kegiatan tingkat provinsi di Kota Lubuklinggau. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: