7 Macam Ancaman dari Internet yang Harus Diwaspadai

7 Macam Ancaman dari Internet yang Harus Diwaspadai

--unsplash.com

SUMEKS.CO - Di zaman sekarang, internet sudah menjadi kebutuhan kita untuk mencari informasi, bersosial media, belanja online, mengirim pesan, bahkan hampir setiap hal sekarang membutuhkan akses internet

Tapi perlu kita ketahui, dibalik kegunaannya tersebut, ada ancaman berbahaya yang perlu kita waspadai dari internet, jika kena salah satunya, dijamin bisa membuat kepala anda pusing atau bahkan bisa membuat kerugian yang sangat serius.

BACA JUGA:TV Digital Segera Diberlakukan, Penjualan Perangkat STB di Kota Prabumulih Meningkat

Hal yang paling mudah dilakukan untuk mengurangi resiko tersebut, bisa dimulai dengan tidak mengunjungi website-website yang aneh atau tidak terpercaya dan tidak asal mengklik iklan yang muncul pada website tersebut.

Selain itu juga penting untuk tidak dengan mudah memberikan informasi pribadi seperti password, nomor handphone dan data-data pribadi ke website-website yang tidak kita kenal.

Apa saja ancaman-ancaman yang ada di internet tersebut? Yuk kita kenali supaya bisa lebih waspada.

1.SPOOFING
Teknik spoofing ini dilakukan untuk mengelabui korban agar percaya bahwa website yang dia kunjungi dan email yang dia terima berasal dari sumber yang terpercaya, sehingga korban dengan mudahnya bisa memberikan data kredensial seperti password dan lain-lain.

2.SPAM
SPAM adalah sesuatu yang membuat resah, Karena kita akan menerima email dengan jumlah yang sangat banyak secara bersamaan. Isi dari email yang berisikan SPAM biasanya dibarengi dengan "phising" yang di dalamnya menawarkan embel-embel hadiah undian, produk murah, ancaman virus dan segala jenis penipuan.

BACA JUGA:Link Live Timnas Indonesia U-20 Lawan Moldova Malam Ini

3.PHISING
Phising biasa digunakan oleh penjahat cyber untuk mengumpulkan informasi penting terkait target korbannya, seperti username dan password sebuah akun dengan berpura-pura sebagai pihak berwenang atas informasi tersebut. Biasanya phising dilakukan melalui email dan link website.

4.SPYWARE & ADWARE
Ini biasanya salah satu kejutan yang terdapat didalam virus yang berasal dari internet maupun flashdrive yang sudah terinfeksi, kebanyakan berasal dari aktifitas browsing ke website yang tidak aman, sembarangan mengklik link, unduhan software bajakan atau dari iklan-iklan yang ada di website. Sedangkan adware dapat membuat komputer kita dipenuhi oleh iklan-iklan yang kurang pantas untuk di tampilkan.

5.BOTNET
Botnet adalah sebuah software atau bot yang menciptakan kumpulan komputer yang sudah terinfeksi virus. komputer yang sudah terinfeksi virus tersebut akan bisa saja dimanfaatkan untuk melakukan serangan.

6.DDOS
DDOS merupakan serangan dalam skala besar yang dilakukan komputer zombie atau bot untuk membanjiri traffic kesebuah website atau server. Dampak dari serangan Ddos, bisa membuat website atau server tersebut down dan tidak bisa diakses lagi oleh pengunjung bahkan pemiliknya.

BACA JUGA:12 Perahu Ketek Standy By di Benteng Kuto Besak Siap Angkut Peserta JKPI IX 2022

7.TROJAN HORSE
Apa kalian pernah berpikir kenapa orang membuat software bajakan? Salah satunya agar bisa diisi oleh virus dan malware yang bisa merusak komputer kita, begitulah kira-kira cara kerja Trojan Horse, terlihat dari luar seperti software biasa dan aman, tapi didalamnya terkandung banyak virus yang ketika kita install, dalam sekejap dapat merusak data dan komputer kita.

Nah, sampai disini kita sudah mengetahui beberapa ancaman dari internet. Jadi kita harus mulai hati-hati dalam beraktifitas di internet, agar semakin kecil kemungkinan akan terkena dari ancaman tersebut. (*)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: