Bangun Literasi, Bakal Sediakan Pojok Baca di Setiap Desa

Bangun Literasi, Bakal Sediakan Pojok Baca di Setiap Desa

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Ogan Ilir, Rusli.-Hetty-

OGAN ILIR, SUMEKS.CO - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten OGAN ILIR, berkomitmen untuk membangun literasi dari pedesaan.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menyediakan pojok baca di desa-desa yang ada di Kabupaten Ogan Ilir.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Ogan Ilir, Rusli mengatakan, bahwa pojok baca ini terdiri dari dua sumber bantuan, yakni, dari Perpustakaan Nasional dan juga dari Bantuan Gubernur.

"Untuk di Ogan Ilir ini baru ada dua desa yang dibantu, yakni, Tanjung Pinang I dan Tanjung Pinang II, yang sudah diapresiasi secara nasional," ungkap Rusli, Senin, 31 Oktober 2022.

BACA JUGA:Kejari Ogan Ilir Batalkan Pengumuman Tersangka Korupsi Dana Hibah Bawaslu?

Terbaru, bantuan pojok baca untuk Desa Burai dan Desa Palemraya mendapatkan bantuan untuk perpustakaan desa. Menurut Rusli, bantuan untuk Desa Burai dikarenakan desa tersebut merupakan desa wisata, sedangkan Desa Palemraya memang memiliki sarana dan prasarana lengkap.

"Pojok baca dan perpustakaan desa ini kan untuk masyarakat, makanya kami minta desa-desa ini yang aktif ke kita. Kalau Perpusnas dan Provinsi ini kan sebatas menyiapkan saprasnya," sebutnya.

Terkait perawatan buku dan sapras lainnya, tambah Rusli, itu tergantung dari desa masing-masing untuk memanfaatkan dana yang ada. 

Disinggung mengenai target pendirian pojok baca di Kabupaten Ogan Ilir, Rusli menyebut ada lima. Namun, pihaknya akan menjemput bola hingga ke desa-desa.

BACA JUGA:Penerapan Restorative Justice Diperluas, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat Miliki Peran Penting

"Syukur-syukur kalau ada camat yang meminta dibangunkan pojok baca di tempat-tempat wisata yang ada di wilayahnya," tuturnya.

Untuk pojok baca ini, tentu ada petugas yang harus diberikan insentif dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Ogan Ilir. Ini juga, menurut Rusli, yang menjadi perhatian pihaknya.

"Petugas dan insentif ini akan kita siapkan," tegasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: