MTQ Bentuk Generasi Berakhlak Karimah

MTQ Bentuk Generasi Berakhlak Karimah

Gubernur HD membuka MTQ SMA SMK di SMAN 5 Palembang, Senin 31 Oktober 2022. Foto: edy handoko sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Gubernur Sumsel H Herman Deru mengimbau seluruh SMA dan SMK di Sumsel untuk mencetak generasi cerdas dan berakhlak karimah, yang menjunjung tinggi Alquran. 

Pembukaan Lomba Musabaqatil Alquran (MTQ) dan Tahfidz Quran tingkat SMA dan SMK se-Sumsel digelar di SMA Negeri 5 Palembang, Senin 31 Oktober 2022. Gubernur sumsel H Herman Deru mengatakan, lomba MTQ tingkat SMA dan SMK ini untuk membentuk generasi cerdas dan berakhlak karimah. 

"Kegiatan ini selaras dengan program Pemprov Sumsel yakni satu desa satu rumah tahfidz. Dari sini kita bisa mewujudkan itu," ungkap Deru.

BACA JUGA:KMS Abdurrahman Huzaifi Juara 2 MTQN 2022 Hafalan 10 Juz: Rela Meninggalkan Istri yang Baru Dinikahi

Deru mengungkapkan, melalui perlombaan ini dapat menanamkan tentang keberanian mental siswa. Menurutnya, jika ada kemampuan dan ilmu pengetahuan yang mumpuni tapi tidak diiringi dengan mental, maka hal tersebut hanya akan sia-sia.

"Kalau tidak berani tampil itu sia sia karena ini ajang mendorong keberanian mental, sehingga punya mental berkompetisi," ujarnya.

Lanjutnya, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel dalam hal ini bisa membantu pembangunan dalam kegiatan belajar mengajar menghapal Alquran, dan rumah tahfidz di sekolah. Deru menilai, untuk belajar Alquran bisa dimulai dari SD, SMP, dan SMA. Belajar mengajar Alquran disekolah sambung Deru, guna mencetak siswa yang mampu menghapal Alquran.

BACA JUGA:Inilah Nama Peserta Kafilah Sumsel yang Jadi Juara MTQ Nasional XXIX Kalsel 2022

"Mentalitas itu bisa dibangun,  jangan menjadi produk cerdas, berakhal tapi minder atau tidak pecaya diri. Ini yang menyebabkan bibit hebat ini tidak timbul," imbuh Deru

Lebih lanjut Deru berharap dengan banyaknya kegiatan lomba MTQ disekolah, dapat menjadikan Provinsi Sumsel sebagai salah satu wilayah yang religius dan pencetak generasi penghafal Alquran terbanyak.

"Kita ingin Sumsel religius, semoga ini bisa terwujud dari sekolah," tandasnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: