Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ternyata Perjuangannya Panjang

Palembang Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ternyata Perjuangannya Panjang

Podcast mengakat tema Siapkah Palembang-Sumsel Menjadi Tuan Rumah Wordl Cup U-20 Tahun 2023 di Graha Pena-Sumeks.co, Kamis, 27 Oktober 2022.--dok:sumeks.co

PALEMBANG, SUMEKS.CO -  Provinsi Sumsel menjadi tuan rumah (World Cup U-20),Piala Dunia U-20 tahun 2023. Ternyata awalnya Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Sport City (JSC) Palembang tidak direkomendasikan ke FIFA.

"Awalnya Kita tak terpilih dan tidak direkomendasikan ke FIFA untuk menjadi tuan rumah," ungkap Sekretaris PSSI Sumsel, Faisal Mursyid, saat dibincangi di acara Podcast Siapkah Palembang-Sumsel Jadi Tuan Rumah World Cup U-20 2023 di Graha Pena-SUMEKS.CO, Kamis, 27 September 2022.

Hal tersebut tak menyurutkan semangat PSSI Sumsel untuk mengajukan langsung ke FIFA bahwa Sumsel siap untuk menjadi tuan rumah. Akhirnya, dilayangkan surat PSSI ke Gubernur Sumsel H Herman Deru mengenai kesangggupan Stadion Gelora Sriwijaya untuk menyelenggarakan acara.

"Kita usulkan setidaknya masuk nominasi. Alhamdulillah, 24 Agustus 2019 Indonesia terpilih menjadi tuang rumah Piala Dunia 2021 dan diundur ke 2023 Palembang resmi ditunjuk jadi tuan rumah," bebernya. 

BACA JUGA:Hasil Drawing Piala Asia U-20 2023: Indonesia Masuk Grup A Bersama Tuan Rumah

Kegigihan tersebut, sambung Faisal, bukan tak mendasar. Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sudah dilirik oleh Presiden AFF. Selain itu, untuk level dunia Gelora Sriwijaya JSC pernah menggelar Piala Asia di tahun 2007.

"Kita pernah dilirik oleh Presiden AFF. Jadi hal yang mustahil jika kita tak mampu menyelenggarakan acara ini," ucapnya.

Lebih lanjut, Faisal menjelaskan selain Palembang ada lima stadion lainnya yang akan menggelar Piala Dunia U-20 2023 mendatang diantarnya, Stadion Gelora Bung Karno, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta. 

"Masing-masing dibagi lokasi pertandingannya dan mendapat jatah empat kali perandingan," ujarnya.

BACA JUGA:Juventus Kalah dan Tersingkir, Benfica Lolos Bersama PSG, Allegri tak Mau Dianggap Gagal

Sementara, Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumsel, M Taufik mengungkapkan, terpilihnya Kota Palembang jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 ini menjadi momentum yang sangat baik bagi dunia sepakbola Indonesia khususnya di Sumsel untuk berbenah.

"Ini momentum bagi Kita semua. Karena ini kesempatan yang langka didapat jadi harus dimaksimalkan secara keseluruhan," tuturnya.

BACA JUGA:Gubernur Khawatir Insiden Kanjuruhan Berimbas ke Piala Dunia U-20

Lanjutnya, pemerintah akan memenuhi aspek dengan melibatkan pihak sektoral untuk mensupport mensukseskan penyelenggaraan acara ini. Intinya Provinsi Sumsel harus siap untuk menyelenggarakan event besar ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: