Laksanakan Tugas, Panwascam Bisa Manfaatkan Masyarakat

Laksanakan Tugas, Panwascam Bisa Manfaatkan Masyarakat

Wawako Finda bersama Panwascam se-Kota Palembang. foto: m naba anwar sumeks.co--

PALEMBANG, SUMEKS.CO - Panwascam Kota Palembang memiliki tugas berat dalam Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

"Tugas berat Panwascam ialah mengawasi proses tahapannya dan melakukan pencegahan kecurangan Pemilu mendatang," kata Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palembang, M Taufiq kepada awak media usai melantik 54 anggota Panwaslu Kecamatan se-Kota Palembang, di Griya STIHPADA Palembang, Kamis 27 Oktober 2022.

M Taufiq menjelaskan, upaya Panwascam Kota Palembang dalam pencegahan kecurangan Pemilu mendatang yakni mengajak partisipasi masyarakat.

"Mengajak masyarakat untuk bersama-sama mengawasi pelaksanaan Pemilu, selain itu juga mengawasi tahapan, dan menerima laporan, berkoordinasi dengan stakeholder yang ada," jelasnya.

Lanjut M Taufiq, Panwascam memiliki kewajiban untuk menjaga netralitas dengan cara memastikan tidak ada oknum yang berpihak.

BACA JUGA:Dua Calon Anggota Panwascam di Ogan Ilir Tak Ikut Tes Wawancara

"Yang harus netral di mata Panwascam ialah ASN, TNI, dan Polri," ucapnya.

Jika ada oknum yang terbukti tidak netral, maka langkah yang diambil Panwascam ialah akan diproses. "Jadi kalau ada yang melapor kita akan proses dengan cara merekomendasikan ke pihak unsur lainnya. Misalnya ada ASN yang terbukti tidak netral maka laporannya akan ke Bawaslu, nanti Bawaslu akan proses kemudian direkomendasikan ke pihak yang berwewenang yakni Komisi ASN nanti yang akan memberikan sanksinya, jadi peran kita hanya meneruskan," ungkapnya.

Masih M Taufiq. mengenai kuota 30 persen sudah terpenuhi saat pendaftaran Panwascan. "Pendaftaran kemarin lebih dari 30 persen, 30 persen itu bukan saat dilantik. Namun yang dilantik Panwascan Palembang ini juga ada perempuan, di pedoman untuk pelantikan bebas mau berapa persen perempuan, hanya saja saat mendaftar," tuturnya.

M Taufiq menyebutkan bentuk sosialisasi yang dilakukan di tiap Kecamatan ialah sesuaikan dengan program. "Programnya yang diturunkan langsung dari Bawaslu Republik Indonesia (RI)," tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: